CLOSE [X]

DPD PDIP Jakarta Rekomendasikan Anies Baswedan Jadi Cagub, Tapi Tunggu Keputusan DPP

Selasa, 11 Juni 2024 | 20:11 WIB Sumber: Kompas.com
DPD PDIP Jakarta Rekomendasikan Anies Baswedan Jadi Cagub, Tapi Tunggu Keputusan DPP

ILUSTRASI. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu nama yang direkomendasikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta untuk calon Gubernur DKI pada pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang.


PILKADA - JAKARTA. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu nama yang direkomendasikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta untuk calon Gubernur DKI pada pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang.

DPD PDIP Jakarta menunggu instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait keputusan nama-nama rekomendasi pencalonan gubernur, salah satunya Anies Baswedan, pada Pilkada Jakarta 2024.

Penyerahaan nama-nama rekomendasi dari DPD itu nantinya akan dikaji oleh DPP PDIP yang akan melakukan proses penyaringan dengan berbagai pertimbangan.

"Wah saya enggak tahu (respons Megawati Soekarnoputri) itu urusan DPP. Selanjutnya DPD siap menunggu instruksi lebih lanjut," ujar Sekretaris DPD PDI-P DKI Jakarta Pantas Nainggolan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Dilirik PDI-P Maju dalam Pilkada Jakarta, Begini Respons Anies Baswedan

Pantas mengatakan, penyerahaan nama-nama rekomendasi itu merupakan tahapan awal. Keputusan ada di tangan DPP. "Ini kan masih proses tahap awal, masih akan ada proses tahap berikutnya di DPP, tinggal di DPPnya digodog," imbuh dia.

Adapun, surat rekomendasi sejumlah nama termasuk Anies Baswedan disampaikan sebelum PDI-P menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) V di Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies. Kami sampaikan sudah lama ya sebelum Rakernas partai (PDI-P)," ujar Pantas.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyebut, partainya tak menutup kemungkinan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada DKI 2024.

“Tentu (ada peluang dari PDIP untuk Anies). Tergantung penilaian DPP, dan rekam jejak calon tersebut," ucap Gilbert kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Gilbert menuturkan, PDI-P terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin mendaftar sebagai bacagub DKI Jakarta.

"Kalau memang Bung Anies berniat maju (Pilkada) lewat PDI-P, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar," kata Gilbert.

Baca Juga: Maju Jadi Calon Gubernur DKI, Sudirman Said Siap Hadapi Anies Baswedan

Penulis: Firda Janati
Editor: Jessi Carina

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rekomendasikan Nama Anies Jadi Cagub, PDI-P Jakarta Tunggu Keputusan DPP".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru