Maju Jadi Calon Gubernur DKI, Sudirman Said Siap Hadapi Anies Baswedan

Jumat, 24 Mei 2024 | 15:58 WIB Sumber: Kompas.com
Maju Jadi Calon Gubernur DKI, Sudirman Said Siap Hadapi Anies Baswedan

ILUSTRASI. Mantan Co-Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin, Sudirman Said, yang menyatakan siap maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.


POLITIK - JAKARTA. Calon-calon Gubernur DKI Jakarta mulai bermunculan. Salah satunya, mantan Co-Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin, Sudirman Said, yang menyatakan siap maju sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Sudirman Said pun siap untuk bersaing dengan Anies Baswedan yang dulu ia dukung pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Sudirman Said kepada awak media saat ia diundang menghadiri acara relawan di Pondok Pesantren Sokotunggal, Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (23/5/2024) malam.

Mantan Menteri ESDM ini mengatakan, ada tiga alasan ia ingin menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Pertama, Jakarta memasuki masa transisi dari ibu kota negara menjadi daerah khusus pusat perekonomian Indonesia. Ia tak ingin Jakarta kembali dijadikan batu loncatan karier politik seperti yang dilakukan dua periode belakangan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan.

"Karena transisi ini begitu besar pekerjaannya, sebaiknya yang memimpin Jakarta itu pihak yang memang ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah," kata Sudirman.

"Bukan orang yang sedang nyari tangga untuk karier politik berikutnya, Jakarta jangan terus-terusan dijadikan sebagai ya batu pijak, batu loncatan," katanya lagi.

Baca Juga: Anies Baswedan: Banyak Catatan yang Perlu Diperhatikan di Pemilu 2024

Alasan kedua, Sudirman mengerti Jakarta dalam posisi transisi. Oleh sebab itu, ia menginginkan proses transisi berjalan mulus tanpa ada gangguan.

Menurut dia, pemimpin yang dibutuhkan di masa transisi ini adalah gubernur Jakarta yang bisa bekerjasama dengan pemerintah pusat.

"Tidak elok kalau gubernur Jakarta itu berseberangan karena banyak sekali isu-isu transisi yang harus diselesaikan," kata Sudirman.

Alasan ketiga, masih banyak masyarakat Jakarta yang berada dalam kategori miskin. Sudirman menyebutkan, ada 40% warga Jakarta yang masih berada dalam kategori miskin, 22% tinggal di daerah kumuh.

"Kemudian 1,2 juta menjadi operator ojek online, 500 ribuan dalam kategori miskin absolut," tuturnya.

Sebab itu lah, Sudirman ingin memberikan pengabdian menjadi gubernur Jakarta periode 2024-2029.

Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Ihsanuddin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudirman Said Siap Lawan Anies pada Pilkada, Sindir soal Jakarta Dijadikan Batu Loncatan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru