Duh, 69 orang di Jakarta positif Covid-19 dari klaster halal bihalal hingga takziah

Kamis, 24 September 2020 | 13:28 WIB Sumber: Kompas.com
Duh, 69 orang di Jakarta positif Covid-19 dari klaster halal bihalal hingga takziah

ILUSTRASI. Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri saat memberikan berkas pasien Covid-19 yang tiba di pos pemeriksaan IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran


CORONA DI INDONESIA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melarang warga mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pengetatan. Tujuannya adalah menekan angka penyebaran Covid-19. 

Namun, masih ada warga yang menggelar kegiatan-kegiatan perkumpulan. 

Akibatnya, muncul klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.   

Berdasarkan data klaster penyebaran Covid-19 per 18 September 2020 di situs corona.jakarta.go.id, tercatat 69 orang dinyatakan positif Covid-19 dari kegiatan yang mengundang kerumunan seperti halal bihalal hingga tahlilan. 

Baca Juga: Muncul klaster hotel dan pernikahan di Jakarta, ini rinciannya

Sebanyak 5 orang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster lomba masak 17 Agustus. Namun tak ada penjelasan detail lokasi lomba tersebut. 

Kemudian, sebanyak 8 orang positif Covid-19 yang berasal dari klaster halal bihalal di RT 21 RW 03, Kelurahan Kebon Manggis, Jakarta Timur. 

Disusul, 3 orang positif Covid-19 dari klaster tahlilan di Kalideres, Jakarta Barat; dan 29 orang positif dari klaster tahlilan RT 1 dan RT 2 Wijaya Kusuma, Jakarta Barat. 

Klaster perkumpulan warga juga ditemukan dalam kegiatan takziah. Tercatat 14 orang positif Covid-19 dari kegiatan takziah di Duren Sawit, Jakarta Timur; serta masing-masing 5 orang positif dari takziah Kemayoran di Jakarta Pusat dan Palmerah di Jakarta Barat. 

Seperti diketahui, PSBB pengetatan diberlakukan selama dua pekan mulai 14 hingga 27 September 2020. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan sejumlah faktor, di antaranya ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tren kasus aktif yang kembali meningkat selama bulan September.

Selanjutnya: Erick Thohir: Pemerintah Perkuat Penanganan & Percepatan Ketersediaan Vaksin Covid-19

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "69 Orang di Jakarta Positif Covid-19 dari Klaster Halal Bihalal hingga Takziah"

Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Jessi Carina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru