Dukung Satu Data Pertanian, Kementan Luncurkan Buku Statistik BPPSDMP 2021

Kamis, 21 Juli 2022 | 10:33 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Dukung Satu Data Pertanian, Kementan Luncurkan Buku Statistik BPPSDMP 2021

ILUSTRASI. Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi 'salam komando' dengan perwakilan UPT pada soft launching Buku Statistik BPPSDMP 2021 didampingi Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah [kiri]


PERTANIAN -  BOGOR. Sektor pertanian nasional terus berkembang, begitu pula dengan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian Indonesia yang bergerak dinamis mengikuti kemajuan teknologi dan pemenuhan kebutuhan pangan rakyat di seluruh Indonesia yang terangkum dalam semangat 'pertanian maju, mandiri dan modern.'

Perkembangan dan gerak dinamis tersebut menuntut hadirnya 'buku pintar' tentang SDM pertanian, yang direalisasikan oleh Kementerian Pertanian  khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] dengan soft launching Buku Statistik BPPSDMP 2021 mendukung Satu Data Pertanian.

Kegiatan soft launching Buku Statistik BPPSDMP 2021 dilakukan oleh Kepala BPPSDMP Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi di Kota Bogor, Jabar pada Rabu siang (20/7) didampingi oleh Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah.

Baca Juga: Pembagian Pupuk Subsidi Dibatasi, Petani Minta Sosialisasi Tentang Pupuk Organik

"Buku Statistik BPPSDMP 2021 bisa disebut sebagai buku pintar SDM pertanian Indonesia mendukung Satu Data Pertanian menuju Satu Data Indonesia. Acuan Buku Statistik ini adalah kaidah BPS [Badan Pusat Statistik] dan Pusdatin selaku Wali Data Kementan," kata Dedi Nursyamsi dalam siaran pers.

Hal itu sejalan dengan instruksi dan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tentang Satu Data Pertanian maka BPS dan Kementan harus bekerjasama dan saling menunjang untuk menentukan data pertanian yang kurat, sehingga seluruh data program dan kebijakan sinkron dengan BPS.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 39/2019  tentang ´Satu Data Indonesia´ yang akan mengubah kondisi data di Indonesia. 

Menurut Dedi Nursyamsi, Buku Statistik BPPSDMP 2021 merupakan hasil rangkuman data oleh seluruh unit kerja lingkup BPPSDMP, kemudian diolah kembali dan dianalisis oleh tim penyusun selanjutnya dikoordinasikan dan di-review oleh BPS sesuai kaidah yang ditetapkan.

"Buku Statistik ini adalah acuan utama SDM pertanian maka stakeholders sektor pertanian di tingkat pusat hingga daerah dapat menggunakannya sebagai acuan," katanya lagi.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 25 triliun untuk Pupuk Subsidi

Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah menambahkan bahwa Buku Statistik BPPSDMP 2021 merupakan seri keluaran kinerja BPPSDMP dalam lima judul berupa data statistik penyuluhan pertanian; pelatihan pertanian; pendidikan pertanian; aparatur sipil negara [ASN] BPPSDMP; dan anggaran BPPSDMP.

"Buku Statistik BPPSDMP juga dapat menjadi alat atau sarana bekerjanya Sistem Pengendalian Intern atau SPI, dengan melakukan perbandingan output dengan perencanaan, untuk memastikan tujuan BPPSDMP tercapai," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru