kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,75   16,61   2.47%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Empat pasien covid-19 di Semarang dinyatakan sembuh dan boleh pulang


Selasa, 31 Maret 2020 / 22:00 WIB
Empat pasien covid-19 di Semarang dinyatakan sembuh dan boleh pulang
ILUSTRASI. Tim medis melakukan penanganan darurat pasien yang diindikasi terjangkit Virus Corona di Ruang Isolasi Khusus RSUP dr Kariadi saat simulasi penanganan wabah Virus Corona di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/1/2020).

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Wali kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi mengatakan, di Semarang terdapat 25 pasien positif coronavirus disease 2019 (Covid-19), yang terdiri dari empat belas warga Kota Semarang, dan sebelas warga luar Kota Semarang.

Dari jumlah tersebut, empat orang yang dirawat di Rumah Sakit Wongsonegoro (RSWN) dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Dokter Rusia yang bertemu Putin pekan lalu didiagnosis positif covid-19

“Meski tren pasien masih terus meningkat, di Kota Semarang ada hal positif. Empat pasien positif Covid-19 di Rumah Sakit Wongsonegoro dinyatakan sembuh,” kata Hendi, Selasa (31/3/2020), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Dengan begitu, keempat pasien pun diperbolehkan pulang.

“Dalam waktu singkat yang dinyatakan sembuh diperbolehkan pulang karena pemeriksaan SWAB-nya negatif,” kata Hendi.

Direktur RSWN Susi Herawati mengatakan, empat pasien positif Covid-19 sembuh setelah menjalani perawatan intensif di ruang isoalisasi selama 14 hari.

“Kami mendapat berita luar biasa, berita baik, keempat pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan boleh pulang,” kata Susi.

Menurut Susi, kesembuhan tersebut terjadi berkat kerja sama antara tim dokter, perawat, dan tenaga medis RSWN dengan pasien.

“Kami tetap memantau kondisi pasien melalui telepon. Apakah masih panas dan sesak lagi. Mudah-mudahan dalam kondisi sehat setelah bertemu keluarga,” kata Susi.

Baca Juga: 18 orang di Kota Tangerang positif covid-19 pasca lakukan rapid test

Pasien yang telah dinyatakan sembuh, lanjut Susi, dipastikan tidak akan menulari keluarga di rumah karena sudah tidak membawa virus lagi.

Sementara itu, kemungkinan terkena Covid-19 kembali sangat kecil karena tubuh sudah memiliki antibodi untuk menolak virus.

“Silakan para pasien yang sudah lama berpisah berkumpul lagi dengan suami dan anaknya. Tidak perlu takut menulari,” kata Susi.

Susi mengatakan, di RSWN sendiri terdapat empat puluh orang pasien dalam pengawasan (PDP), dan satu orang positif Covid-19.

“Mudah-mudahan dalam beberapa hari mendatang pasien positif Covid-19 sembuh,” kata Susi.



TERBARU

[X]
×