Jawa Tengah

Exit tol menuju Jawa Tengah ditutup 16-20 Juli, Ganjar: Intinya kurangi mobilitas

Selasa, 13 Juli 2021 | 18:40 WIB Sumber: Kompas.com
Exit tol menuju Jawa Tengah ditutup 16-20 Juli, Ganjar: Intinya kurangi mobilitas

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau persiapan penyekatan pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. Pintu exit tol di Jawa Tengah bakal ditutup mulai 16 hingga 20 Juli 2021 mendatang sebagai upaya mengurangi pergerakan masyarakat selama PPKM Darurat. 

Hal ini dilakukan untuk menekan angka kasus Covid-19 di Jawa Tengah yang sudah semakin bertambah. 

Berdasarkan data dari corona.jatengprov.go.id pada Selasa (13/7) pukul 17.00 WIB total kasus aktif ada sebanyak 27.055 orang dari penambahan 3.270 kasus. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, penutupan exit tol di Jawa Tengah bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. 

Upaya tersebut diharapkan dapat menurunkan angka kasus Covid-19 di Jawa Tengah. 

"Intinya sebenarnya kita kurangi (mobilitas). Sebenarnya saya tidak suka bicara ini kok menjadi restriktif sekali. Faktanya begini, peningkatan (Covid-19) kok masih tinggi, faktanya varian kita sudah tahu delta, faktanya orang kok masih cuek gitu, padahal kalau kita tahu ngurus oksigen saja sudah kayak begini," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa (13/7). 

Baca Juga: Kementerian PUPR: Panjang jalan tol di Indonesia ditargetkan bertambah jadi 5.103 km

Ganjar menjelaskan, secara teknis, pengetatan di pintu exit tol akan dilakukan oleh jajaran Polda Jawa Tengah. 

"Tadi sudah saya sampaikan agar dikelola, pasti kepolisian yang paling paham soal ini. Saya serahkan pada Pak Kapolda, sudah lapor ke saya untuk melakukan pengetatan-pengetatan itu," ujarnya. 

Selain itu, pengetatan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal supaya tidak terjadi kepadatan. 

"Saya minta perhitungan dua hal. Satu, kalau itu ditutup kira-kira mereka akan tidak berangkat, dia tetap stay, tidak pergi, atau tetap pergi. Kalau tetap pergi dia akan cari jalan lain. Maka kemarin Grobogan komplain, Pak ini ditutup kemudian masuk ke tempat kami. Ini mesti diantisipasi sehingga kalau ditutup mereka lewat mana, mesti kita perhatikan," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Exit Tol Menuju Jawa Tengah Ditutup 16-20 Juli, Ganjar: Intinya Kurangi Mobilitas"

Penulis : Kontributor Semarang, Riska Farasonalia
Editor : Khairina

Selanjutnya: Sekolah Tatap Muka Kian Terancam Pandemi, Risiko Kebodohan Kian Menghantui

 

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru