Fakta dan kronologi lengkap tentang kerusuhan Manokwari Papua

Selasa, 20 Agustus 2019 | 07:13 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Fakta dan kronologi lengkap tentang kerusuhan Manokwari Papua

ILUSTRASI. KONDISI KOTA MANOKWARI PASCAKERUSUHAN


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aksi kerusuhan meletus di wilayah Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). Akibat aksi tersebut, pembakaran terjadi di sejumlah tempat. Beberapa bangunan, rumah warga, hingga Gedung DPRD Papua Barat dibakar warga. Sejumlah ruas jalan juga diblokade, yakni Jalan Yos Sudarso, Jalan Trikora Wosi, dan Jalan Manunggal Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Kerusuhan ini ini berawal dari aksi demonstrasi di sana. Demonstrasi digelar sebagai buntut perlakuan ormas dan aparat keamanan yang dianggap menghina mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, dan Semarang.

Baca Juga: Jokowi minta masyarakat Papua memaafkan pihak yang buat tersinggung

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengatakan, situasi Senin siang sempat memanas tak terkendali. "Setelah komunikasi dengan pendemo, situasinya bisa dikendalikan. Saat ini sedang cooling down, situasi semakin kondusif. Mohon doa dan dukungannya," kata Lakotani.

Pendemo tuntut permintaan maaf Lakotani menyampaikan, para pendemo menuntut ada permintaan maaf dari sejumlah oknum di Jawa Timur yang membuat mereka tersinggung karena perlakuan oknum itu terhadap mahasiswa Papua.

Para pendemo menganggap, apa yang terjadi di Surabaya dan Malang tidak bisa mereka terima. "Jadi memang pemicunya adalah adanya statement dari sejumlah oknum di Surabaya dan Malang," kata Lakotani.

Baca Juga: Manokwari rusuh, Khofifah telepon gubernur Papua untuk minta maaf

Lakotani sudah menyampaikan tuntutan para pendemo tersebut kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah pun sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada Gubernur dan masyarakat Papua Barat.

"Pada prinsipnya Ibu Gubernur setuju, yang penting bagaimana situasinya bisa dikendalikan," ucap Lakotani.

Bermula dari kabar provokatif

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru