CLOSE [X]

Fenomena Astronomi Sepanjang Juni 2022, Planet-planet Segaris di Waktu Subuh

Senin, 06 Juni 2022 | 10:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena Astronomi Sepanjang Juni 2022, Planet-planet Segaris di Waktu Subuh

ILUSTRASI. Fenomena Astronomi Sepanjang Juni 2022, Planet-Planet Segaris di Waktu Subuh


KONTAN.CO.ID - Sepanjang bulan Juni 2022 ini sepertinya akan menjadi pemandangan menarik di langit pada waktu subuh. Planet-planet ini akan segaris terlihat dari arah timur hingga menjelang Matahari terbit.

Tahukah Anda? Memasuki pertengahan tahun 2022 ini, langit di waktu subuh akan dihiasi oleh planet-planet yang terlihat segaris.

Menurut Pusat Riset Antariksa BRIN, fenomena astronomi di bulan Juni ini disebut sebagai "Parade Langit Subuh".

Melansir laman resmi Edukasi Sains Antariksa LAPAN (06/06/2022), parade langit subuh ini berlangsung mulai 4-15 Juni yang menampilkan konfigurasi segarisnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Disusul pada 16-27 Juni 2022 mendatang dengan parade langit yang serupa yang menampilkan segarisnya planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Saturnus dan Bulan.

Terakhir, pada tanggal 28-31Juni 2022 parade langit penutup sama seperti konfigurasi yang terjadi pada awal bulan ini.

Apa si yang dimaksud parade langit ini? Dan bagaimana cara melihat fenomena astronomi yang menarik di waktu fajar ini?

Menurut Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi pada awal bulan ini (4-15 Juni) dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

Patokannya yakni 75 menit sebelum Matahari terbit (sekitar 04:30 waktu setempat) hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit (sekitar pukul 05:30 waktu setempat).

Parade langit kedua, yakni konfigurasi segaris Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Saturnus dan Bulan (16-27 Juni) terjadi ketika Bulan memasuki fase susut (benjol akhir).

Sepanjang periode ini, Bulan akan berpindah-pindah hingga pada akhirnya Jupiter-Mars-Bulan-Uranus-Venus memiliki jarak sudut yang nyaris sama di setiap planetnya pada tanggal 24 Juni mendatang.

Kabar baiknya fenomena astronomi parade langit subuh ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik. Kendati demikian, beberapa planet hanya dapat terlihat menggunakan teleskop.

Parade langit subuh dapat terlihat dengan mudah selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang juga bebas dari penghalang.

Untuk beberapa wilayah yang mungkin polusi cahanya nyaris tidak ada (kondisi langit beanr-benar bersih), penampakan planet Uranus dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop.

Apakah Anda sudah menantikan fenomena astronomi sepanjang bulan Juni 2022 ini? Bangun pagi-pagi di waktu subuh sepertinya menarik untuk melihat parade langit yang mungkin jarang Anda temukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru