Flyover Cengkareng ditutup hingga 31 Desember

Kamis, 27 Desember 2018 | 06:40 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Flyover Cengkareng ditutup hingga 31 Desember

ILUSTRASI. Pasukan Kuning Dinas Bina Marga DKI Jakarta


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Flyover atau jalan layang arah Kembangan menuju Cengkareng, Jakarta Barat, ditutup pada Rabu (26/12) malam. Adapun penutupan flyover disebabkan adanya perbaikan jembatan. "Sementara (flyover) ditutup dari 20 sampai 31 Desember karena ada (sambungan) jembatan yang sudah retak," ujar Komandan Regu Dinas Perhubungan Cengkareng Dedi, di lokasi, Rabu malam.

Ia mengatakan, arus lalu lintas menuju Kembangan dan Kapuk dialihkan ke arah perempatan Cengkareng. Berdasarkan pantauan Kompas.com pada pukul 21.15 WIB, flyover tampak ditutup dengan portal. Pada bagian depan diletakkan sebuah papan bertuliskan "Hati-hati ada pekerjaan".  

Sebuah spanduk berlogo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga terpasang. Spanduk tersebut bertuliskan, "Ada pengerjaan perbaikan jembatan flyover Cengkareng. Kendaraan bermuatan 36-45 ton dilarang melintas dan harus melewati jalan lain dari tanggal 20-31 Desember

"Ini kami lihat ada keretakan di bawah, (karena) beban berat di atas ini akhirnya ya terjadinya perbedaan ketinggian seperti ini," kata Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi.

"Akibatnya jalan ke sini ya kami tutup, kan enggak mungkin dilewati," sambung Rustam. Flyover sementara tidak dapat dilalui oleh kendaraan yang memiliki berat di atas 36 ton sampai tanggal 31 Desember 2018.

Rustam memprediksi bakal terjadi kemacetan di kawasan sekitar flyover. Ia meminta bantuan dari Dinas Perhubungan, kepolisian, serta Satpol PP untuk melakukan pengalihan jalan. "Kalau kami biarkan, bisa sampai ke Kembangan itu macetnya.

Tapi kami minta bantuan (untuk) melancarkan (lalu lintas) oleh teman-teman (Dinas) Perhubungan, kepolisian, dan Satpol PP," kata Rustam. Dia mengimbau kepada para pengendara yang ingin menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk tidak melalui flyover selagi dalam masa perbaikan. (Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sambung Retakan, "Flyover" Cengkareng Ditutup hingga 31 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru