Ganjar dukung festival Balon Udara Wonosobo

Jumat, 21 Juli 2017 | 16:13 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Ganjar dukung festival Balon Udara Wonosobo


JAKARTA. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung rencana penyelenggaraan festival Balon Udara di Wonosobo. Event ini dipandang tepat untuk mengajak warga menjalankan tradisi dengan memperhatikan aspek keselamatan penerbangan.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat menerima Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto dan Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Alvin Lie di kediaman Gubernur, Puri Gedeh, Semarang, Kamis (20/7) kemarin.

Ganjar menilai Festival tersebut akan menjadi jalan tengah yang baik dalam menyelesaikan polemik balon udara. "Ini bagus sekali, jadi balon udara tidak dilarang, tetapi kita kelola, dibuat aturannya yang sesuai dengan keselamatan dan dilombakan," ujar Ganjar.

Pemerintah Daerah Jawa Tengah sudah beberapa kali melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada warga sejak mengetahui sejumlah balon udara terbang tinggi hingga di ketinggian yang sama dengan jalur pesawat.

"Banyak mereka tidak mengerti bahayanya, tapi dari beberapa kali kunjungan, saat kita sampaikan bahaya terhadap dunia penerbangan, mereka sendiri mulai sadar. Tapi karena ini tradisi, maka tidak bisa dihilangkan begitu saja. Solusinya apa, ya ditambatkan supaya bisa terkontrol. Untuk itu, ide festival ini sangat bagus," kata Ganjar.

Dia menambahkan, saat arus mudik lalu, pihaknya juga sudah mendiskusikan ini dengan Menteri Perhubungan. "Saat itu kita lihat bahwa pendekatannya tidak bisa biasa, karena itu muncul ide kita lombakan saja. Karena itu memdengar rencana AirNav ini, klop. Kami akan support," ucap Ganjar.

Bahkan, lanjutnya, bila dikelola dengan baik bersama stakeholder lainnya, acara ini juga bisa menjadi atraksi pariwisata yang menarik dan akan meningkatkan perekonomian Wonosobo.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur selama ini dan respon untuk penyelenggaraan festival yang akan digelar tahun depan.

AirNav Indonesia menghargai tradisi masyarakat dan mencari solusi agar masyarakat dapat melakukan tradisinya namun tidak membahayakan keselamatan publik.

Sebab, dari laporan yang diterima AirNav dari penerbang terkait balon udara, terjadi peningkatan signifikan tahun ini dari tahun sebelumnya.

AirNAv telah menerima 14 laporan dari penerbang yang melihat balon udara pada ketinggian yang sama dengan pesawat pada Lebaran tahun lalu dan jumlahnya meningkat sampai 63 laporan pada saat Lebaran tahun 2017.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru