Gelar Jakcraft 2019, Dekranasda DKI Jakarta libatkan 46 UMKM

Senin, 25 November 2019 | 15:15 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Gelar Jakcraft 2019, Dekranasda DKI Jakarta libatkan 46 UMKM

ILUSTRASI. Peserta mengikuti pelatihan pembuatan tenun dengan peralatan tradisional di pusat kerajinan tenun songket Desa Lamgugop, Banda Aceh, Aceh, Rabu (9/10/2019). Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banda Aceh menggelar pelatihan tenun tradisional yang


PAMERAN - JAKARTA. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pameran kerajinan ke-11 guna memperkuat komitmen dalam membina dan memajukan perajin Jakarta melalui berbagai kegiatan yang resmi digelar hari ini, Senin (25/11) yakni JakCraft 2019.

Pameran kerajinan Jakcraft ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 25 – 28 November 2019 di Lantai Dasar Gedung G, Gedung Balaikota DKI Jakarta. Dengan tema “Urban Jakarta Festival”, ajang pameran kali ini terinspirasi dari maraknya pertumbuhan ekonomi kreatif di kalangan milenial Jakarta. 

Sudah saatnya Indonesia mulai mempertimbangkan potensi ekonomi kreatif yang diprediksi mampu menjadi kekuatan baru pada sektor ekonomi. Di antara 16 sub-sektor ekonomi kreatif, ada tiga sub-sektor unggulan penyumbang pertumbuhan ekonomi tertinggi yakni kuliner, fashion, dan kriya, yang juga menjadi menu utama setiap penyelenggaraan JakCraft. 

Tema yang diusung juga tercermin pada dekorasi acara. Berbagai miniatur sarana dan prasarana di Jakarta, yang kini sedang digaungkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, turut mempercantik tempat pelaksanaan acara.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati, menjelaskan bahwa penggelaran acara kerajinan ini bertujuan memajukan kerajinan yang ada di Ibu Kota Jakarta sendiri serta untuk memajukkan ekonomi di Indonesia. 

Ia juga bilang, hingga saat ini pihaknya sudah memiliki total 330 pengrajin atau pelaku UMKM yang tengah bergabung bersama Dekranasd, dimana UMKM tersebut diberikan bimbingan serta wadah atau gerai bagi mereka untuk dapat mempromosikan produknya secara langsung kepada pengunjung. 

“Tentunya Jakcraft setiap tahunnya ingin selalu memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mempromosikan produknya sehingga mereka bisa berinteraksi langsung dengan costumer,” Kata Fery saat pembukaan Jakcraft, Senin (25/11). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru