Gempa 4,4 SR mengguncang Kota Sorong

Senin, 31 Juli 2017 | 12:33 WIB Sumber: Antara
Gempa 4,4 SR mengguncang Kota Sorong


SORONG. Gempa bumi berkekuatan 4,4 skala richter mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (31/7) sekitar pukul 13:37 WIT, namun dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong Andri W Bidang mengatakan, pusat gempa bumi tersebut di laut sekitar 25 km barat laut Kota Sorong.

Gempa tersebut terpusat pada koordinat 0,66 derajat Lintang Selatan dan 131,15 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 29 km.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kota Sorong. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.Budi Suyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru