Gempa 5,0 magnitudo mengguncang kabupaten Seram bagian timur

Jumat, 12 April 2019 | 19:05 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa 5,0 magnitudo mengguncang kabupaten Seram bagian timur


GEMPA BUMI - AMBON. Gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku (12/4). 

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebutkan gempa yang terjadi pada pukul 19.21 WIT ini berlokasi pada 3.79 Lintang Selatan dan 131.47 Bujur Timur atau berjarak 131 km barat laut Fak-Fak Papua Barat dan 132 km Bula, Seram Bagian Timur. 

Adapun gempa tersebut berada di laut dengan kedalaman 10 km dibawa permukaan laut. Dari data yang diterima, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Sejauh ini belum ada laporan resmi apakah gempa tersebut menimbulkan dampak kerusakan ataukah tidak.

"Gempa tidak berpotensi tsunami sehingga warga diimbau agar tetap tenang," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Stasiun Ambon, Sunardi dalam rilisnya. Provinsi Maluku merupakan salah satu wilayah rawan gempa dan tsunami di Indonesia, sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. 

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan dua lempeng itu menyebabkan patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku (K54-12). (Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Maluku Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru