Nusantara

Gempa 6,7 di Malang terasa hingga Lombok, pengunjung mal berhamburan

Sabtu, 10 April 2021 | 17:15 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa 6,7 di Malang terasa hingga Lombok, pengunjung mal berhamburan

Gempa bumi selatan Malang, Jatim, 10 April 2021.

KONTAN.CO.ID - MATARAM. Gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di lepas pantai Kabupaten Malang, Jawa Timur, ikut dirasakan warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pantauan Kompas.com di salah satu pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall, sejumlah pengunjung sampai berhamburan ke luar bangunan.

Namun, ada beberapa pengunjung yang tetap berada dalam bangunan karena mengaku tidak merasakan guncangan. Heni, salah satu pengunjung Lombok Epicentrum Mall, mengatakan sedang berada di lantai 2 bersama anaknya saat gempa terjadi.

"Saya di paling atas di lantai dua kebetulan. Lagi temani main anak-anak. Kaget (ada gempa)," Kata Heni kepada Kompas.com, Sabtu (10/4).

Sadar akan getaran gempa, Heni bersama keluarganya pun langsung turun ke lantai dasar. "Laptop yang digantung itu yang gerak, semuanya pada ramai langsung keluar," Kata Heni.

Baca Juga: Dampak gempa Malang, rumah warga di Lumajang rusak

Gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya pada Sabtu (10/4) sekitar pukul 14.00 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa ini juga dilaporkan terasa di Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa 6,7 di Malang Terasa hingga Lombok, Pengunjung Mal Berhamburan.
Penulis: Kontributor Mataram, Karnia Septia
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Gempa M 6,7 mengguncang Malang, tak berpotensi tsunami

 

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru