Jawa Timur

Dampak gempa Malang, rumah warga di Lumajang rusak

Sabtu, 10 April 2021 | 16:19 WIB Sumber: Kompas.com
Dampak gempa Malang, rumah warga di Lumajang rusak

ILUSTRASI. Gempa bumi selatan Malang, Jatim, 10 April 2021. Gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di laut selatan Malang, Sabtu (10/4), menyebabkan kerusakan.

KONTAN.CO.ID - MALANG. Gempa magnitudo 6,7 yang berpusat di laut selatan Malang, Sabtu (10/4), menyebabkan kerusakan. Sejumlah rumah warga rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi pada BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang mengatakan, di antara rumah warga yang rusak akibat gempa terjadi di kawasan Piket Nol, Kabupaten Lumajang. "Iya, mas. Di Piket Nol," katanya melalui pesan singkat saat dikonfirmasi soal video yang memuat kerusakan rumah warga akibat gempa.

Joko mengaku sedang dalam perjalanan ke lokasi terdampak. Belum diketahui jumlah bangunan yang rusak akibat gempa tersebut, termasuk sebarannya. "Masih didata, mas. Teman-teman bergerak asesmen," kata dia.

Baca Juga: Gempa M 6,7 mengguncang Malang, tak berpotensi tsunami

Diketahui, gempa yang terjadi di laut selatan Malang mengguncang sejumlah daerah di Jawa Timur, Sabtu (10/4) sekitar pukul 14.00 WIB. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Ma’muri menjelaskan, gempa terjadi di laut selatan Malang dengan kekuatan magnitudo 6,7.

"6,7 magnitudo. Di laut selatan Malang. Nanti kita masih analisa lagi. Sementara informasi itu. Kita tunggu informasi berikutnya," katanya melalui sambungan telpon.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dampak Gempa Malang, Rumah Warga di Lumajang Rusak.
Penulis: Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Meski siklon Seroja dan Odette menjauh, 4 provinsi ini tetap waspada cuaca ekstrem

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru