kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gempa bumi magnitudo 5,0 guncang Melonguane, Sulawesi Utara


Kamis, 04 April 2019 / 17:57 WIB

Gempa bumi magnitudo 5,0 guncang Melonguane, Sulawesi Utara

KONTAN.CO.ID -  MANADO. Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (4/4) pukul 13.36 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami. "Lokasi gempa di 4.19 LU,127.34 BT (76 kilometer timur laut Melonguane, Sulut), kedalaman 10 kilometer," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis.


Menurut Edward, gempa ini termasuk jenis gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku yang menujam ke bawah lempeng Halmahera. "Tidak berpotensi tsunami," kata Edward.

Ia menjelaskan, bahwa sampai saat ini tidak ada informasi yang dirasakan ataupun kerusakan bangunan dari masyarakat di Kabupaten Talaud dan Sangihe yang lokasinya berdekatan dengan pusat gempa bumi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang mengatakan, gempa tersebut tidak terasa. "Sangihe tidak terasa," ujar Rivo. (Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Guncang Melonguane, Sulawesi Utara", 


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×