Gempa magnitudo 5,5 kejutkan warga Bengkulu, tak berpotensi tsunami

Minggu, 17 Maret 2019 | 11:29 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Gempa magnitudo 5,5 kejutkan warga Bengkulu, tak berpotensi tsunami


GEMPA - BENGKULU. Gempa bermagnitudo 5,5 mengguncang Bengkulu dan sekitarnya sekitar pukul 05.29 WIB, Minggu (17/3). Getarannya sempat mengejutkan warga Kota Bengkulu.

Gali Mahendra, warga Kota Bengkulu, Kelurahan Sidomulyo, merasakan gempa tersebut cukup kencang namun tidak lama. "Memang sempat terasa getaran namun tidak lama kejadian sekitar subuh. Saya sempat bangkit hendak lari dari kamar," kata Gali.

Hal yang sama juga dirasa Eni. Menurut Eni, gempa memang kencang tapi berdurasi tidak lama. "Saya sedang menanak nasi tiba-tiba air di dalam magic jar terlihat bergetar. Saya tahu gempa berusaha tidak panik, setelah itu getaran gempa terhenti," ungkap Eni.

BMKG mencatat, gempa tektonik terjadi di wilayah Samudera Hindia di Pantai Barat Sumatera. Episenter gempa terletak di laut, sekitar 34 km arah barat daya Bengkulu Utara.

Pusat gempa berada di kedalaman 124 km. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 05.50 WIB, tidak ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Firmansyah)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,5 Kejutkan Warga Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru