Gempa guncang Sumba Barat Daya

Minggu, 06 November 2016 | 10:24 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa guncang Sumba Barat Daya


KUPANG. Gempa bumi berkekuatan 4,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (6/11) pagi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang, Hasanudin mengatakan, gempa bumi itu terjadi pukul 6.48 WITA.

"Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi dengan kekuatan 4,4 magnitudo dengan episenter terletak pada koordinat 9.19 derajat Lintang Selatan dan 119.05 derajat Bujut Timur, pada kedalaman 80 kilometer," kata dia.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah. Lokasi gempa bumi 32 kilometer barat laut Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir utara Kabupaten Sumba Barat Daya, agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

"Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi," ucap dia.

(Sigiranus Marutho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru