kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gempa magnitudo 5,1 guncang Kepulauan Talaud Sulawesi Utara, tak berpotensi tsunami


Selasa, 12 Februari 2019 / 16:18 WIB
Gempa magnitudo 5,1 guncang Kepulauan Talaud Sulawesi Utara, tak berpotensi tsunami

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - MANADO. Gempa magnitudo 5,1 terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (12/2) pukul 15.01 WIB. Gempa tersebut dipastikan tidak akan berpotensi tsunami.

"Lokasi gempa terjadi di 4.82 LU,126.37 BT (94 kilometer barat laut Kepulauan Talaud Sulut), dengan kedalaman 69 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Selasa sore.


"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas Edward.

Gempa yang terjadi, menurut Edward, gempa bumi berkedalaman menengah yang dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan struktur sesar geser cenderung naik (oblique-thrust).

Soal gempa susulan, kata dia, pihaknya belum deteksi sampai saat ini."Tetapi kami akan terus melakukan pemantauan jika terjadi gempa susulan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Talaud Bonifasius Wangkanusa mengatakan, untuk sementara ini belum ada laporan apakah gempa dirasakan dan kerusakan akibat gempa tersebut.

"Yang jelas di Kecamatan Melonguane, tidak merasakan gempa," sebutnya saat dihubungi Kompas.com via telepon."Nanti saya akan coba tanyakan di masing-masing kecamatan," ujarnya. (Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,1 Terjadi di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara" 



Video Pilihan

TERBARU

×