Gempa melanda Malang dan Sangihe Sulut dalam satu hari, ini faktanya

Sabtu, 10 April 2021 | 17:56 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa melanda Malang dan Sangihe Sulut dalam satu hari, ini faktanya

ILUSTRASI. Tak hanya di Malang, Jawa Timur gempa bumi juga mengguncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada Sabtu (10/4).


GEMPA BUMI - JAKARTA. Tak hanya terjadi di Malang, Jawa Timur gempa bumi juga mengguncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada Sabtu (10/4). BMKG memastikan kedua gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB, gempa magnitudo 6,7 melanda Malang, Jawa Timur. Pusat gempa berada 96 kilometer di arah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Gempa berpusat di lepas pantai dengan kedalaman hingga 80 kilometer. Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, jenis gempa yang terjadi adalah gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

Hal itu diketahui berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” ujarnya melalui siaran pers BMKG, Sabtu (10/4).

Baca Juga: Gempa 6,7 di Malang terasa hingga Lombok, pengunjung mal berhamburan

Kerusakan bangunan

Gempa yang berpusat di Malang ini ternyata dirasakan oleh penduduk di provinsi lain seperti Bali, DIY hingga Jawa Tengah. Dedi, warga Kecamatan Wonosari, Gunungkidul mengaku berlari ketakutan.

Sedangkan, Kepala Pelaksana BPBD Bali Made Rentin menerangkan, gempa juga terasa hampir di seluruh wilayah Provinsi Bali. "Hampir semua wilayah di Bali merasakan getaran gempa," kata Made Rentin melalui pesan Whatsapp, Sabtu (10/4).

Gempa mengakibatkan sebagian atap bangunan RSUD Mardi Waluyo di Blitar, Jawa Timur mengalami kerusakan. Akibat getaran yang kuat, gempa juga membuat patung Gorila di Batu Secret Zoo roboh.

Baca Juga: Australia Barat bersiap menghadapi skenario terburuk saat badai Seroja mendekat

Gempa Sangihe

Di hari yang sama, Sabtu (10/4/2021) sore sekitar pukul 16.30 WIB, gempa bumi juga melanda Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Menurut keterangan BMKG, pusat gempa berada 94 kilometer dari Tahuna, Kepulauan Sangihe.

Gempa berpusat di lepas pantai berkedalaman 295 kilometer. Sama dengan gempa yang terjadi di Malang, BMKG memastikan gempa di Sangihe tidak berpotensi tsunami. 

Sumber: Kompas.com (Imam Rosidin, Markus Yuwono | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)
Editor: Pythag Kurniati

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa Melanda Malang dan Sangihe Sulut dalam Satu Hari, Ini Faktanya.

Baca Juga: Gempa M 6,7 mengguncang Malang, tak berpotensi tsunami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru