Gempa mengguncang NTT, terasa sampai Labuan Bajo

Jumat, 01 Januari 2021 | 12:18 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa mengguncang NTT, terasa sampai Labuan Bajo

ILUSTRASI. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.


GEMPA - JAKARTA. Setelah kemarin terjadi gempa bumi di Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), pagi ini Jumat (1/1) pada pukul 06.12 WIB, wilayah lainnya di provinsi yang sama yaitu Kota Tambolaka diguncang gempa tektonik bermagnitudo M 5,1.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 9,27 LS dan 119,03 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 21 km arah Barat Laut Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 83 km. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia," kata dia.

Bambang menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik (oblique thrust fault). Kendati hasil pemodelan tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, tetapi guncangan gempa dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala intensitas yang bervariasi.

Baca Juga: Hindari macet, pemudik diimbau pulang lebih awal

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tambolaka dengan skala intensitas IV MMI, di mana pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Ilustrasi gempa bumi. Sementara, di daerah Waingapu, Waikabubak, dan Bima, skala intensitas guncangan yang dirasakan adalah III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Wilayah lainnya yang merasakan guncangan gempa bumi dengan skala intensitas II MMI, terasa di Labuan Bajo. Untuk diketahui, skala intensitas getaran II MMI ini adalah kondisi getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujar Bambang.

Sedangkan, terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 06.32 WIB, Jumat (1/1) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Namun, masyarakat diminta agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: Tak boleh menolak, warga yang terima SMS dari Kemenkes wajib vaksin Covid-19

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. "Kepada masyarakat (NTT) diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (gempa bumi) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutur Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa Hari Ini: M 5,1 kembali Guncang NTT Terasa sampai Labuan Bajo.
Penulis: Ellyvon Pranita
Editor: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Baca Juga: Asyik, subsidi listrik PLN diperpanjang hingga Maret 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru