Gempa Terkini Magnitudo 5.1, Warga Jember Panik, Sejumlah Rumah Ambruk

Kamis, 16 Desember 2021 | 09:50 WIB   Reporter: Adi Wikanto, kompas.com
Gempa Terkini Magnitudo 5.1, Warga Jember Panik, Sejumlah Rumah Ambruk

ILUSTRASI. Gempa Terkini Magnitudo 5.1, Warga Jember Panik, Banyak Rumah Ambruk

KONTAN.CO.ID - Jember. Gempa bumi kembali terjadi. Gempa terkini terjadi di Jember, Jawa Timur. Laporan sementara, banyak rumah ambruk akibat gempa terkini di Jember.

Merujuk situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terkini di Jember terjadi pada Kamis, 16 Desember 2021 pukul 06:01 WIB. Magnitudo gempa terkini di Jember mencapai 5,1.

Pusat gempa terkini di Jember adalah di laut 42 km baratdaya Jember pada kedalaman 10 km. Lokasi gempa terkini di Jember terjadi di titik koordinat 8,55 Lintang Selatan (LS) dan 113,49 Bujur Timur (BT).

Gempa terkini di Jember ini juga dirasakan di daerah lain dengan skala MMI yakni III di Denpasar, Kuta, dan Legian. Gempa terkini di Jember ini juga dirasakan di daerah lain dengan skala MMI II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang dan I-II Bondowoso.

Dilansir dari Kompas.com, seorang warga Desa Sumberdumpyong, Kecamatan Pakem, Bondowoso, Fitriyah mengaku panik akibat gempa terkini di Jember. Semua warga berlarian keluar rumah saat gempa terkini di Jember terasa. “Saya tadi bersama anak, kok terasa gempa segera keluar,” kata Fitriyah.

Baca Juga: BMKG mencatat gempa terkini magnitudo 5.1, terasa di Bali-Banyuwangi pagi ini

Namun dia mengaku, guncangan gempa terkini di Jember tak berlangsung lama. "Terasanya hanya sekian detik," ujar dia.

Kerusakan akibat gempa terkini Jember

Ketua Badan Rescue Nasdem Jember David Handoko Seto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan ada beberapa rumah warga yang ambruk di wilayahnya akibat gempa terkini di Jember. Rumah tersebut berada di Desa Sumberejo, Sabrang hingga Ambulu, Jember. “Saya mendapat laporan ada rumah warga yang ambruk,” kata dia pada Kompas.com via telepon.

Menurutnya kerusakan yang dilaporkan akibat gempa terkini di Jember cukup parah. "Info sementara tidak ada korban jiwa," ungkapnya.

Sementara itu, terkait gempa terkini, Pemkab Jember belum mengeluarkan informasi resmi. Situs resmi Pemkab Jember belum menampilkan kabar apapun terkait gempa terkini tersebut

 

 

Selanjutnya: Unilever Indonesia Rayakan 88 Tahun Komitmen dan Kolaborasi dalam Wujudkan Kebaikan

Editor: Adi Wikanto
Terbaru