Gubernur Anies minta kantor di DKI sediakan parkir sepeda minimal 10% & tempat mandi

Kamis, 03 Juni 2021 | 11:02 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Gubernur Anies minta kantor di DKI sediakan parkir sepeda minimal 10% & tempat mandi

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta perkantoran DKI sediakan fasilitas parkir sepeda minimal 10% dan tempat mandi. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat Jakarta membangkitkan kebiasaan bersepeda. Ajakan ini menguar tepat pada peringatan Hari Sepeda sedunia yang jatuh pada 3 Juni. 

Anies menyatakan, warga akan lebih sehat jika lebih banyak berjalan kaki dan mau naik sepeda. Seiring dengan itu, ”Pemerintah daerah juga harus menyiapkan, maka dari itu disiapkanlah trotoar dan jalur sepeda. Diharapkan kita bekerja bersama, kami dari pemerintah menyiapkan fasilitasnya dan masyarakat mulai membangkitkan kebiasaan bersepeda," ujar Anies.

Baca Juga: Bersiap, Polda Metro Jaya ingin kebijakan ganjil genap berlaku lagi

Anies bilang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat lebih banyak jalur sepeda, termasuk yang permanen seperti di Jalan Sudirman.

Tak hanya itu, yang juga menarik, Anies Baswedan juga minta agar gedung perkantoran di Ibu Kota menyediakan fasilitas parkir untuk sepeda. Ini demi memudahkan warga Ibu Kota yang bepergian menggunakan sepeda.

"Gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda, minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia," kata Anies, seperti dikutip dari kompas.com. (3/6)

Baca Juga: Empat tahun berturut-turut menyabet opini WTP dari BPK, ini strategi Anies Baswedan

Seturut dengan itu, Anies juga meminta agar setiap gedung perkantoran menyediakan tempat mandi untuk para pesepeda agar bisa mandi sebelum bekerja,  pasca berkeringat karena bersepeda.

Jadi "Disiapkan tempat shower, sehingga memudahkan para pekerja yang memilih untuk berangkat kerja menggunakan sepeda itu ada kenyamanan. Karena ketika mereka tiba, ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ucapnya.

Memperingati hari sepeda dunia, Anies hari ini berkantor ke Balai Kota, Jakarta Pusat menggunakan sepeda dari kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. 
Anies juga berharap agar semua bisa mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi, selain juga sebagai alat olahraga. 

 

Editor: Titis Nurdiana
Terbaru