Gunung Karangetang keluarkan asap setinggi 300 meter

Jumat, 22 Februari 2019 | 19:42 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Karangetang keluarkan asap setinggi 300 meter


ERUPSI GUNUNG - MANADO. Tingkat aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, hingga saat ini masih berstatus siaga. Asap putih dengan intensitas tebal keluar dari kawah utama dengan ketinggian mencapai 300 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang, Didi Wahyudi P Bina mengatakan, secara visual gunung terlihat jelas hingga kabut 0-II. "Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 300 meter di atas puncak kawah," kata Didi, dari rilis tertulis, Jumat (22/2) pukul 18.16 Wita.

Kawah dua Gunung Karangetang, lanjut dia, juga mengeluarkan asap. "Asapnya putih tipis hingga sedang, tinggi lebih kurang 100 meter," ujar Didi. Menurut Didi, gempa tremor masih terjadi terus menerus (microtremor), terekam dengan amplitudo 0,25 milimeter (dominan 0,25 milimeter).

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih level III atau siaga," ungkap dia.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang telah mengeluarkan rekomendasi agar warga dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati, melakukan pendakian dan beraktivitas di dalam zona bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan), serta area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah barat-barat laut sejauh 3 kilometer dan ke arah barat laut-utara sejauh 4 kilometer.

Tidak hanya itu, warga di sekitar Gunung Karangetang yang berada di area barat laut-utara dari kawah dua, di antaranya Kampung Niambangeng, Beba, dan Batubulan, agar dievakuasi ke tempat yang aman dari ancaman guguran lava atau awan panas guguran Gunung Karangetang, yaitu di luar zona bahaya tersebut di poin satu.

Selain itu, warga di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

"Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang, agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang, yang dapat mengalir hingga ke pantai," imbau dia. (Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Karangetang Keluarkan Asap Setinggi 300 Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru