Gunung Agung berstatus siaga, radius 4 km dari puncak terlarang untuk aktivitas warga

Jumat, 22 Februari 2019 | 17:09 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Agung berstatus siaga, radius 4 km dari puncak terlarang untuk aktivitas warga


ERUPSI GUNUNG - BALI. Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali, kembali erupsi Jumat (22/2) pukul 16.31 Wita. Berdasarkan laporan resmi pos pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Karangasem ketinggian kolom abu mencapai 700 meter di atas puncak kawah 3.842 m di atas permukaan laut. 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi kurang lebih 6 menit 20 detik. 

"Saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi Masyarakat di sekitar Gunung Agung, pendakui, pengunjung dan wisatawan agat tidak berada dan beraktivitas pada zona bahaya dengan radius 4 Km dari puncak," ujar Kepala Pos Pantau Gunung Agung Dewa Mertayasa dalam keterangan resminya, Jumat. 

Mertayasa mengatakan, zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung. 

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. 

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.  Mertayasa mengatakan, sebelum terjadi letusan gunung Agung sempat diguncang gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal dalam sua hari terakhir. 

Hal ini mengindikasikan adanya pergerakan magma ke permukaan. Dia menambahkan erupsi yang terjadi adalah hal biasa setelah ada gempa vulkanik. "Ini letusan biasa, kemarin dan dua hari lalu memang terekam gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal. Asapnya condong ke arah timur," ucap Mertayasa. (Robinson Gamar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Agung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 700 Meter"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru