HOME

Gunung Merapi kembali meletus, bentuk aliran awan panas terpanjang sejak status Siaga

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:27 WIB Sumber: Channel News Asia
Gunung Merapi kembali meletus, bentuk aliran awan panas terpanjang sejak status Siaga

ILUSTRASI. Guguran lava Gunung Merapi terlihat dari Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/1/2021).

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia, meletus pada Rabu (27/1), mengeluarkan awan panas dan lava pijar yang meluncur sejauh 1.600 meter menuruni lerengnya.

Melansir Channel News Asia, menurut Kepala Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Hanik Humaida, itu adalah aliran awan panas terpanjang Gunung Merapi sejak statusnya naik menjadi Siaga pada November tahun lalu 

Meski begitu, Hanik bilang, tingkat kewaspadaan Merapi masih di level tertinggi kedua. Masyarakat harus menghindari zona bahaya dengan radius 5 km dari kawah gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu.

Baca Juga: Awan panas guguran kembali terjadi di Gunung Merapi, sejauh 1.800 meter

Dia mengatakan, pemerintah daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah saat ini memantau situasi Gunung Merapi dengan cermat.

Gunung setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut itu merupakan yang paling aktif dari puluhan gunung berapi di Indonesia, dan telah berulang kali meletus dengan mengeluarkan lava pijar serta awan panas baru-baru ini.

Letusan besar terakhir Merapi terjadi pada 2010 yang menewaskan 347 orang.

Selanjutnya: Gunung Merapi kembali keluarkan awan panas, guguran sejauh 1.000 meter

 

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru