Gunung Merapi telah tiga kali erupsi, status masih waspada

Sabtu, 28 Maret 2020 | 11:42 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi telah tiga kali erupsi, status masih waspada

ILUSTRASI. Wisatawan melihat letusan Gunung Merapi dari Bulit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). ANTARA FOTO/Rizky Tulus/hnd/pd.


ERUPSI GUNUNG -  Selama dua hari terakhir Gunung Merapi terpantau tiga kali mengalami erupsi. Erupsi pertama terjadi pada Jumat (27/3/2020) sekitar pukul 10.56 WIB.

Akibat letusan itu, kolom abu setinggi 5.000 meter terlihat muncul dari kawah gunung. Erupsi kedua terjadi pada Jumat sekitar pukul 21.46 WIB.

Saat erupsi tersebut tinggi kolom abu terpantau mencapai 1.000 meter dari puncak gunung. Sedangkan erupsi ketiga terjadi pada Sabtu (28/3/2020) sekitar pukul 05.21 WIB, dengan ketinggian kolom abu terpantau mencapai 2.000 meter.

Data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan, erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu pagi tercatat di seismogram dengan amplitudo 50 milimeter.

Durasi erupsi tercatat 180 detik, dengan tinggi kolom erupsi 2.000 meter. Menurut BPPTKG, arah angin saat erupsi terakhir menuju ke barat. Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

"Betul (terjadi erupsi)," ujar Lasiman saat dihubungi Kompas.com, Sabtu. Meski sudah tiga kali mengalami erupsi, BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi tersebut pada Level II atau waspada.

Untuk menghindari hal tak diinginkan, warga juga dilarang melakukan aktivitas dengan jarak tiga kilometer dari puncak merapi.

Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor : Abba Gabrillin

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Kali Gunung Merapi Alami Erupsi, Status Masih Waspada"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru