Jawa Timur

Guru TK di Malang terlilit utang pinjol hingga Rp 40 juta dan berujung pemecatan

Kamis, 20 Mei 2021 | 07:59 WIB Sumber: Kompas.com
Guru TK di Malang terlilit utang pinjol hingga Rp 40 juta dan berujung pemecatan

ILUSTRASI. Kredit tanpa agunan atau KTA dana tunai.

KONTAN.CO.ID - Terjerat utang pinjaman online (pinjol) hingga Rp 40 juta, S (40), seorang guru taman kanak-kanak (TK)  mengaku membayar utang dengan cara berutang lagi di pinjol. Akibatnya, utang guru yang tinggal di Malang, Jawa Timur, semakin menggunung.

"Hingga saya pinjam sampai 24 pinjaman online itu, dan utangnya sampai Rp 40 juta lebih. Jadi saya bayar utang dengan utang, sampai tergulung utang sendiri," kata S, Senin (17/).

S mengatakan, bunga di pinjaman online sangat besar. Awalnya dia meminjam Rp 600.000, tetapi diminta bayar Rp 1,2 juta.

Hal itu, menurut S, yang membuat utangnya semakin menggunung. S mengaku saat ini dirinya memiliki pinjaman dari 40 aplikasi pinjaman online.

"Jadi saya itu pinjam Rp 600.000, tapi saya suruh bayar Rp 1,2 juta. 100 persen bunganya, tapi karena kepepet saya iya saja," jelasnya.

Baca Juga: Waspada pencurian data KTP untuk pinjaman online, berikut cara melindunginya

Gaji tak cukup

Menurut perempuan yang lulusan D2 itu mengetahui soal pinjol awalnya dari salah satu temannya. Saat itu, dirinya mengaku tak punya uang kuliah S1 agar memenuhi syarat agar tetap bisa mengajar di sekolah.  

Sementara gaji per bulan yang ia terima sebagai guru TK hanya Rp 400.000 per bulan, sementara biaya kuliah S1 per semester mencapai Rp 2,5 juta.

Editor: Yudho Winarto
Terbaru