Hadiri Mayors Summit di Argentina, Anies paparkan penataan kampung Jakarta

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 14:32 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Hadiri Mayors Summit di Argentina, Anies paparkan penataan kampung Jakarta

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan malam tadi bertolak ke Buenos Aires Argentina guna menghadiri perhelatan the Urban 20 (U20) Mayors Summit pada 29-30 Oktober 2018. Pertemuan ini juga akan dihadiri oleh 34 walikota dan perwakilan kota-kota di dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Anies akan menjadi pembicara dalam sesi diskusi panel bertema Social integration and inclusion: Urban kaleidoscopes. Anies akan memaparkan implementasi Community Action Plan dengan pendekatan partisipatif-kolaboratif dalam Penataan Kampung di 16 (enam belas) lokasi di Jakarta sebagai bagian dari kebijakan pendukung integrasi dan inklusi sosial.

“Saya akan bicara tentang pengembangan urban renewal yang kita lakukan di sini. Bagaimana kita menata perkampungan dengan melibatkan semua stakeholder. Itu salah satu contohnya. Kemudian, saya juga ingin menyampaikan di sana pentingnya bagi kota-kota di dunia untuk kembali memfokuskan pada pembangunan kualitas manusia,” kata Anies di Balaikota, Jumat (26/10).

Kemiskinan-kemiskinan yang terjadi di kota-kota besar dinilai sangat ekstrem. Pembangunan memperhatikan kemiskinan di daerah rural, tapi kemiskinan di daerah urban justru malah terlewatkan. Anies menilai ini salah satu faktor yang menyebabkan integrasi sosial jauh menjadi lebih sulit.

Anies menyampaikan dalam kesempatan tersebut ia tidak hanya bercerita mengenai Jakarta, namun juga ingin mengajak semua peserta pertemuan untuk memperhatikan ketimpangan di dalam kota. Ia menilai ketimpangan ini tak hanya ada di Indonesia namun juga dialami semua kota-kota besar di dunia.

Adapun tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 ini antara lain perubahan iklim (climate change), masa depan dunia kerja (future of work), dan integrasi sosial (social integration).

U20 merupakan platform diskusi di antara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan. Inisiatif ini digagas oleh Walikota Paris sebagai Ketua (Chair) C40 Cities Climate for Leadership Group (C40) dan Walikota Buenos Aires selaku kota tuan rumah penyelenggara G20 pada tahun 2018.

"Urban 20 mencerminkan komitmen dan kontribusi kota untuk mengatasi tantangan global serta memperkaya proses diskusi G20 dengan perspektif perkotaan, serta mengeksplorasi bersama kebijakan untuk dunia yang lebih baik", ujar Walikota Buenos Aires, Horacio Rodríguez Larreta.

Dalam rangkaian pertemuan ini, Anies juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Walikota Berlin, Walikota Paris, Walikota Buenos Aires, Executive Director C40, dan perwakilan World Bank. Anies juga akan melakukan kunjungan lapangan ke Barrio 31 untuk melihat proyek transformasi daerah kumuh di Buenos Aires menjadi permukiman yang layak huni. Selain itu, Anies juga dijadwalkan akan dianugerahi Guest of Honor (warga kehormatan) Kota Buenos Aires dari Parlemen Kota Buenos Aires.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru