Hambat penyebaran corona, Jakarta bebas ganjil genap mulai hari ini

Senin, 16 Maret 2020 | 07:19 WIB Sumber: Kompas.com
Hambat penyebaran corona, Jakarta bebas ganjil genap mulai hari ini

ILUSTRASI. mobil melintas di kawasan jalan Fatmawati jakarta Selatan, kawasan perluasan ganjil genap yang akan di berlakukan di Jakarta, kamis ( 15/08).Pho KONTAN/Achmad Fauzie


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, resmi mencabut sementara kebijakan pembatasan mobil pribadi dengan metode ganjil ganjil di Ibu Kota. Kondisi ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi risiko penularanan virus corona ( Covid-19), terutama bagi masyarakat yang selama ini melakukan aktivitas dengan menggunakan fasilitas transportasi umum.

Menurut Anies, transportasi umum memiliki potensi penularanan yang cukup tinggi karena penggunanya yang cukup menampung banyak orang. Lantaran itu, untuk menjaga keselamatan warga, maka regulasi ganjil genap ditiadakan sementara di seluruh zona penerapannya.

"Dalam kondisi normal, kita sarankan masyarakat menggunakan transportasi umum, tapi saat ini potensi penularan di transportasi umum cukup tinggi. Karena itu, kita akan mencabut sementara kebijakan ganjil genap di seluruh kawasan Jakarta," ucap Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Minggu (15/3/2020).

Baca Juga: Jam operasional Transjakarta dan MRT dipangkas imbas efek corona

"Dengan demikian masyarakan bisa memilih moda transportasi yang lebih minim akan risiko penularan," kata dia. Adapun pencabutan kebijakan ganjil genap dilakukan secara situasional.

Anies hanya menjelaskan kebijakan ganjil genap dicabut sementara untuk memimalisasikan risiko penularan virus corona. Keputusan ini diberlakukan selama kondisi darurat virus corona.

Baca Juga: Asyik! Menteri Basuki tunda kenaikan tarif tol, apa alasannya?

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatan, peniadaan ganjil genap di Jakarta akan berlangsung mulai 16-27 Maret 2019.

"Betul, sesuai arahan mulai besok sampai 27 Maret kita tiadakan dulu ganjil genap, nanti setelah itu akan dievaluasi lagi. Poin pentingnya agar masyarakat bisa terhindar dari penyebaran corona, mereka bisa memilih moda transportasi yang tak terlalu berisiko," ujar Syafrin kepada Kompas.com, Minggu (15/3/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Corona, Mulai Hari Ini Jakarta Bebas Ganjil Genap"
Penulis : Stanly Ravel
Editor : Aditya Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru