Hanya ratusan orang Forum RT-RW yang demo Ahok

Jumat, 16 September 2016 | 17:12 WIB Sumber: Antara
Hanya ratusan orang Forum RT-RW yang demo Ahok


Jakarta. Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendapat banyak tamu, aksi unjuk rasa. Setelah ibu-ibu korban penggusuran yang berdemo, kini giliran Forum RT-RW yang juga menyuarakan penolakan kepemimpinan Ahok di Jakarta.

Namun, berbeda dengan rencana sebelumnya, demo Forum RT-RW ini hanya diikuti sekitar 100 warga. Sebelumnya, Forum RT-RW klaim akan membawa sekitar 4.000 orang.

Pengurus RT-RW yang tergabung dalam Forum RT-RW DKI Jakarta protes keras terhadap sikap Ahok yang selalu menuding para pengurus RT-RW hanya mengambil jatah uang sampah dan keamanan, tetapi tak mau kerja.

"Tuduhan ini sangat tidak mendasar dan mengarah pada perbuatan fitnah serta mendiskreditkan peran pengurus RT-RW yang selama ini bekerja sosial tanpa berharap lebih banyak dari hasil dan pemanfaatan APBD DKI Jakarta, selain untuk kesejahteraan warga DKI Jakarta," kata Koordinator Lapangan Forum RT-RW Lukmanul Hakim, Jumat (16/9).

Menurut dia, Forum RT-RW DKI Jakarta didirikan atas kesadaran berkonstitusi untuk membangun organisasi, menyuarakan pendapat, membuat masyarakat mufakat demi memperjuangkan hak-hak warga DKI Jakarta pada lingkungan wilayah masing-masing atas pembangunan dalam penerimaan penggunaan anggaran APBD.

"Forum RT-RW Jakarta dibentuk dan dideklarasikan bukan sebagai sarana politik praktis karena forum ini sebagai sarana untuk memperjuangkan hak dan kewajiban warga DKI Jakarta secara kesatuan dan kebersamaan serta dapat didengar oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Lukmanul.

Forum ini menolak pemberlakuan Peraturan Gubernur Nomor 168/2014 junto Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 1/2016 mengenai fungsi dan peran RT-RW karena Pergub tersebut dikeluarkan oleh Plt Gubernur DKI Jakarta dan sesuai amanah Permendagri Nomor 5 Tahun 2007, lembaga RT-RW harus dibuatkan Perda.

Penjagaan polisi cukup ketat di luar dan di dalam Balai Kota DKI untuk mengamankan unjuk rasa agar berlangsung tertib, "Kami menyiagakan sebanyak 300 personel gabungan dari Polsek, Polres, dan Polda untuk mengamankan unjuk rasa ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Dwiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru