Jabodetabek

Hari ini sampai 8 November, polisi gelar operasi lalu lintas, 5 pelanggaran disasar

Senin, 26 Oktober 2020 | 11:01 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Hari ini sampai 8 November, polisi gelar operasi lalu lintas, 5 pelanggaran disasar

ILUSTRASI. Petugas kepolisian menilang pengendara sepeda motor pada Operasi Patuh Jaya 2020. Mulai hari ini sampai 8 November, Polisigelar operasi lalu lintas dengan menyasar 5 pelanggaran ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ingat ya, terhitung mulai Senin 26 Oktober ini sampai 8 November,  Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar operasi zebra di sejumlah wilayah di Jakarta.

Dikutip dari laman Instragram remi, TMC Polda Mero Jaya, operasi kepatuhan lalu lintas itu akan digelar mulai  di mulai hari ini, Senin (26/10).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan mengatakan, operasi lalu lintas dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat agar berkendara dengan aman demi menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Operasi lalu lintas juga dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan masyarakat saat berkendara di tengah pandemi corona atau Covid-19, seperti misalnya wajib memakai masker dan tetap jaga jarak dalam kendaraan roda empat. 

Ada lima sasaran utama dalam operasi lalu lintas Senin ini, yakni tidak memakai helm, melanggar marka jalan atau stop line, menggunakan lampu strobo dan rotator, serta melintas di bahu jalan

Sambodo mengatakan operasi ini akan berlangsung dari 26 Oktober - 8 November 2020 alias 13 hari.

Dalam operasi zebram, polisi juga akan mengutamakan edukasi dibanding penindakan. Upaya preemtif dan preventif juga menjadi tujuan utama dalam operasi  lalu lintas  “Jadi dalam operasi kali ini kami lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas (pendidikan masyarakat) lantas daripada penegakan hukum,” ujar Sambodo. 

Meski begitu, petugas akan tetap memberikan tilang jika pelanggaran sudah membahayakan pengguna jalan.

 

 

 

Editor: Titis Nurdiana


Terbaru