Hindari Kemacetan Saat Mudik, Kementerian PUPR Siapkan Alternatif Tol Solo-Yogyakarta

Senin, 27 Februari 2023 | 14:42 WIB   Reporter: Siti Masitoh
Hindari Kemacetan Saat Mudik, Kementerian PUPR Siapkan Alternatif Tol Solo-Yogyakarta

ILUSTRASI. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo akan difungsionalkan sementara untuk mudik Lebaran pada April mendatang.


PROYEK INFRASTRUKTUR - SOLO. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo akan difungsionalkan sementara untuk mudik Lebaran pada April mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan yang akan digunakan di tol tersebut sekitar 3 hingga 6 kilometer (km) yakni, dari sekitar Colomadu, Karanganyar sampai sebelum Delanggu, Klaten.

“Akan kita siapkan untuk mudik dan menghindari kemacetan sehingga bisa mengatasi kemacetan di Kartosuro,” tutur Basuki dalam konferensi pers kunjungan kerja ke Jalan Tol Solo-Yogyakarta, Senin (27/2).

Baca Juga: Tinjau Proyek Tol Solo-Yogyakarta, Sri Mulyani Beri Pesan ke Ganjar Pranowo

Adapun, Dia menyampaikan waktu tempuh yang bisa dihemat dengan menggunakan jalan ini akan bergantung pada kepadatan lalu lintas saat mudik nanti. Selain itu juga akan bergantung pada pengaturan, dan perilaku pengendara.

“Hemat waktu itu tergantung pada kepadatannya. Selalu saya bilang, kalau yang namanya transportasi itu berdasarkan sarana, regulasi, pengaturannya, dan perilaku pengendara juga. Kalau dia suka mepet-mepetan, itu akan macet,” jelasnya.

Jalan tol Karanganyar-Klaten merupakan bagian dari ruas jalan tol Solo-Yogyakarta- YIA Kulon Progo yang saat ini sedang proses pembangunan.Pengadaan lahan seksi 1 tol ini, berupa jalan Kartasura-Purwomartani, telah rampung 94%.

Baca Juga: Menkeu dan Menteri PUPR Tinjau Proyek Jalan Tol Solo-Jogja

“Setelah selesai tanahnya, progres fisiknya sudah 49%, sehingga tinggal 51% dan insyaAllah Desember selesai,” imbuhnya.

Dia juga berharap, ketika tol ini sepenuhnya rampung dapat mendukung perekonomian warga setempat, dan juga mendukung sektor pariwisata yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru