kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Hingga Minggu pagi, 1.150 gempa susulan mengguncang Maluku


Minggu, 06 Oktober 2019 / 09:16 WIB

Hingga Minggu pagi, 1.150 gempa susulan mengguncang Maluku
ILUSTRASI. Ilustrasi gempa bumi - alat seismograf


KONTAN.CO.ID - AMBON. Gempa susulan terus mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya hingga Minggu (6/10) pagi ini, pasca- gempa berkekuatan 6,8 pada 26 September 2019. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Ambon mencatat hingga Minggu pukul 09.00 WIT telah terjadi sebanyak 1.105 kali gempa susulan yang mengguncang wilayah tersebut sejak gempa besar tersebut. 

"Sampai pukul 09.00 WIT pagi ini sudah 1.105 kali gempa susulan terjadi," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin kepada Kompas.com, Minggu. 

Baca Juga: BMKG mencatat tiga kali gempa mengguncang Maluku pada Jumat (4/10) kemarin

Andi menyebutkan, dari jumlah gempa susulan yang terjadi itu, sebanyak 118 kali gempa ikut dirasakan oleh warga di Pulau Ambon dan sekitarnya. 

Meski begitu, Andi mengaku bahwa saat ini intensitas gempa susulan telah menurun. 
"Kalau dibanding dengan beberapa hari lalu, saat ini intensitasnya sudah menurun," kata dia. 

Sebelumnya, Andi menyebut gempa susulan di Maluku masih terus terjadi karena masih ada energi yang tersisa di zona patahan yang terus dikeluarkan secara perlahan untuk mencapai kestabilan. 

"Jadi energi tersisa itu dikeluarkan secara perlahan sehingga kondisi patahan itu bisa mencapai kestabilan kembali, jadi ini kondisinya normal," tuturnya. 

Menurut Andi, meski banyak gempa susulan yang terjadi namun skalanya relatif lebih kecil dibanding gempa utama dengan magnitudo 6,8. 

Sebelumnya diberitakan, gempa bermagnitudo 6, 8 itu mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat pada 26 September lalu sekitar pukul 08.46 WIT. 
Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.38 Lintang Selatan, 128.43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dan 9 km dari Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Gempa berpusat di kedalaman 10 km. 

Baca Juga: Gempa susulan yang menggoyang Maluku sudah mencapai 1.000 kali dalam sepekan

Akibat gempa tersebut tercatat 38 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka. 

Selain korban jiwa, gempa tersebut juga mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga, sekolah, rumah ibadah, perkantoran dan fasilitas publik lainnya. (Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "1.105 Gempa Susulan Guncang Maluku hingga Minggu Pagi Ini"


Sumber : Kompas.com
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×