Hore, bansos tahap II Provinsi Jabar akan disalurkan mulai besok

Rabu, 08 Juli 2020 | 09:55 WIB   Reporter: Rahma Anjaeni
Hore, bansos tahap II Provinsi Jabar akan disalurkan mulai besok

ILUSTRASI. Warga Bandung antre


BANSOS - JAKARTA. Bantuan sosial (bansos) Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahap II akan mulai disalurkan pada Kamis (9/7) besok. Saat ini, semua persiapan penyaluran bansos tahap II intens dimatangkan dan dituntaskan, termasuk data penerima bansos yang sudah divalidasi dan dipadankan.

Tujuannya tentu agar penyaluran bansos bisa tepat sasaran dan berkeadilan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar menyatakan, Pemprov sangat berhati-hati agar data penerima bansos tahap II bisa lebih akurat. Ia juga aktif berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Ada wabah corona, belanja pelayanan umum di tahun 2020 melonjak hingga 218,2%

Menurut Dodo, terdapat 27 tahap cleansing data penerima bansos di Pemprov Jabar. Mulai dari menyinkronkan kode kabupaten/kota, memastikan NIK valid, memeriksa pekerjaan, sampai mengecek nama dan alamat penerima bansos. Banyaknya tahapan cleansing data membuat data penerima bansos bisa semakin akurat.

Pemprov Jabar pun berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memadankan data penerima bansos, baik data Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), maupun KRTS non DTKS.

"Data penerima bansos tahap II sudah sesuai administrasi, tidak menerima lebih dari satu bantuan, dan KRTS yang sudah menerima tahap I. Saat ini, data kami lebih akurat dan kami pun lebih yakin karena saat proses pendataan kami berdiskusi dengan Ombudsman, minta review kepada BPKP," ujar Dodo di dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (8/7).

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru