Hore, warga DKI kini bisa urus paspor di Lippo Mal Puri

Rabu, 21 November 2018 | 15:41 WIB Sumber: Kompas.com
Hore, warga DKI kini bisa urus paspor di Lippo Mal Puri

ILUSTRASI. PERMINTAAN PASPOR MENINGKAT


KEBIJAKAN DKI - JAKARTA. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat membuka layanan pembuatan paspor di mal pertama kali se-DKI Jakarta di Lippo Mall Puri, Kembangan, mulai Rabu (21/11). 

Pelayanan dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Warga di luar wilayah Jakarta Barat pun boleh mengurus paspor di gerai ini. "Pelayanan publiknya berbasis di mal ini, bisa membuat masyarakat lebih nyaman, lebih santai," kata Kepala Unit Layanan Paspor I Imigrasi Jakarta Barat Doly Samuel Mulatua Tambunan, di lokasi, Rabu. 

Gerai pelayanan paspor terletak di basement mal yang bersebelahan dengan gerai Samsat Jakarta Barat. 

Ruang dengan luas 400 meter persegi tersebut memiliki dua buah booth pelayanan. Ada pula bangku yang disediakan bagi warga di ruang tunggu. 

Samuel menyampaikan, masyarakat yang sudah mendaftar online bisa langsung mengantre untuk pengurusan paspor. 
Namun, pada hari pertama layanan dibuka, masih ditemukan pemohon yang belum mendaftar online sehingga diarahkan untuk mendaftar dulu. 

Samuel juga mengatakan, ada dua perbedaan pelayanan paspor di kantor imigrasi dan mal, yaitu jumlah kuota pemohon dan jenis layanan yang disediakan. 

Kuota layanan kantor imigrasi sebanyak 400 pemohon per hari, sedangkan kuota layanan di mal 96 pemohon per hari. 

Tidak ada perbedaan terkait harga layanan. Pembuatan paspor tetap Rp 355.000 dan Rp 655.000 paspor elektronik (e-paspor). 

"Di sini melayani penggantian paspor, habis masa berlaku (perpanjangan paspor) sama pengajuan paspor baru. Kalau hilang dan e-paspor di pusat (kantor imigrasi)," kata Samuel. (Rima Wahyuningrum)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Kini, Warga Bisa Urus Paspor di Mal Jakarta Barat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru