Hotel-Hotel di Kawasan Mandalika Dikabarkan Telah Penuh Selama Ajang MotoGP Indonesia

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 16:20 WIB Sumber: Kompas.com
Hotel-Hotel di Kawasan Mandalika Dikabarkan Telah Penuh Selama Ajang MotoGP Indonesia

ILUSTRASI. Hotel-hotel di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikabarkan telah penuh selama penyelenggaraan balap MotoGP Indonesia


KEK MANDALIKA - JAKARTA. Hotel-hotel di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikabarkan telah penuh selama penyelenggaraan balap MotoGP Indonesia yang berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya akan menambah 1.500 kamar hotel berbintang di kawasan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) The Mandalika.

"Harus ada penambahan. Kami sudah berkoordinasi dengan ITDC selaku pengelola Mandalika dan harapannya ada tambahan hotel berbintang dalam 2 tahun atau 3 tahun ke depan," ucapnya, Sabtu (7/9/2023) usai membuka World Tourism Day Golf Challenge di Buleleng, Bali.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Diprediksi Bakal Seru, Ini Alasannya

Kata dia, gelaran MotoGP Mandalika semakin menjadi daya tarik wisatawan. "Karena ini semakin menjadi daya tarik. Apalagi moto GP dipindah ke akhir musim dan ini finalnya adalah Jorge Martin dan Pecco," kata dia

Adapun penambahan hotel berbintang yang dicanangkan Sandiaga, yakni sebanyak 1.500 kamar. Pihaknya juga merancang pemberian insentif melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada pelaku usaha akomodasi.

"Kami ingin tambah lebih dari 1.500 kamar. Ini yang sedang kami dorong dengan dunia usaha akomodasi dan pemerintah memberikan insentif melalui KEK," sambungnya.

Terkait hotel-hotel yang telah terisi penuh selama penyelenggaraan MotoGP, Sandiaga mengaku telah memberikan arahan.

Baca Juga: Bandara Lombok Layani Kedatangan 377 Ton Logistik untuk MotoGP Seri Mandalika

"Kemarin sudah kami berikan panduan tidak boleh dinaikkan karena hotel-hotel terbatas lebih dari tiga kali lipat, dan kami sudah koordinasikan dengan pemerintah setempat," ucapnya.

Menurutnya, wisatawan yang tidak mendapat hotel selama penyelenggaraan MotoGP memilih bermalam di villa ataupun homestay sekitar kawasan Mandalika.

"Sebagian dari pengunjung juga telah memilih tinggal di villa dan homestay sekitar Mandalika," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hotel Penuh Selama MotoGP Mandalika, Sandiaga Bakal Tambah 1.500 Kamar Hotel Berbintang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru