Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mendeportasi 17 warga negara asing (WNA)

Rabu, 04 Maret 2020 | 12:13 WIB   Reporter: Handoyo
Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mendeportasi 17 warga negara asing (WNA)

ILUSTRASI. Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mendeportasi 17 warga negara asing (WNA). TRIBUNNEWS/HO


IMIGRASI - TANGGERANG. Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta mendeportasi 17 warga negara asing (WNA) saat baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Saffar Muhammad Godam mengatakan, penolakan 17 WNA tersebut berkaitan dengan virus corona yang merebak. 

Baca Juga: Penyebaran virus corona di China sedikit mereda, tapi di luar negeri trennya naik

"(WNA) 17 orang yang kami tolak dikarenakan menetap atau mengunjungi dalam waktu 14 hari (di negara lain) sebelum kedatangan ke Indonesia," kata dia saat ditemui Kompas.com di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (4/3). 

Godam menjelaskan, penolakan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Bebas Visa Kunjungan. Sikap terhadap ke-17 WNA tersebut, kata Godam, merupakan hasil penindakan dari kurun waktu 5-28 Februari 2020. Sedangkan kewarganegaraan dari 17 WNA tersebut datang dengan latar belakang beragam. Sebagian besar berasal dari China. 

"Dari berbagai negara tetapi diantaranya banyak warga negara RRT (China)," kata dia. 

Baca Juga: Tiga maskapai batalkan penerbangan dari Bandung tujuan Singapura dan Malaysia

Meski dideportasi, Godam mengatakan tindakan tersebut diambil murni karena Permenkumham No 3 Tahun 2020, dan bukan karena WNA terinfeksi Corona. Apabila WNA terinfeksi virus Corona, lanjut Godam, justru harus diberikan perawatan dan dikarantina di Indonesia. "Harus dirawat di sini dikarantina di sini," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, 17 WNA Dideportasi karena Virus Corona"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru