Ingin tingkatkan daya tahan tubuh? Konsumsi 10 makanan ini

Selasa, 26 Januari 2021 | 10:10 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin tingkatkan daya tahan tubuh? Konsumsi 10 makanan ini


KESEHATAN - JAKARTA. Anda ingin tingkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi virus corona? Berikut makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: 8 Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh Anda

Namun, Anda perlu tahu meningkatkan daya tahan tubuh tidak melulu dengan mengonsumsi sayur dan buah.  

Ada banyak jenis makanan penuh nutrisi yang mempunyai manfaat bagi daya tahan tubuh. 

Ya, tubuh memerlukan berbagai jenis nutrisi untuk dapat melawan berbagai jenis infeksi bakteri maupun virus. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the Nutition Society tahun 2013, kekurangan salah satu spektrum nutrisi dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. 

Untuk itu, selain buah dan sayur, berikut beberapa makanan yang juga terbukti dapat meningkatkan sistem imun. 

1. Daging sapi 

Satu porsi daging sapi menyediakan kebutuhan seng harian Anda. Seng bertindak sebagai faktor pendamping untuk berbagi reaksi kimia yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Jika Anda vegetarian atau tidak dapat memakan daging sapi, sumber seng lain dapat Anda pilih, seperti lentil, tiram, atau tahu. 

2. Ikan tuna 

Ikan tuna merupakan sumber vitamin D yang baik. Jenis ikan ini juga mengandung seng. 

Melansir dari Live Strong, tuna adalah sumber pangan yang baik untuk mendapatkan nutrisi pembangkit tenaga dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

3. Biji bunga matahari 

Biji bunga matahari adalah sumber seng dan vitamin E yang baik. Vitamin E juga merupakan nutrisi penting bagi sistem imun. 

Vitamin E melindungi sel kita dari kerusakan dan membantu meningkatkan respons kekebalan kita terhadap infeksi. 

4. Susu 

Segelas susu sapi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh. Susu sapi mengandung vitamin D, vitamin A, dan seng. 

Vitami D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. 

Jika memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu almon. Almon mengandung vitamin E dan lemak sehat yang juga baik untuk sistem imun. 

5. Yogurt 

Makanan fermentasi seperti yogurt dan kombucha mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan. 

Yogurt sendiri merupakan sumber probiotik yang juga mengandung vitamin D, vitamin A, dan seng. Semakin banyak probiotik, maka semakin banyak bakteri baik yang masuk ke tubuh. 

Melansir dari Healthline, saat ini, uji klinis yang mempelajari efek yogurt pada Covid-19 sedang dikerjakan. 

6. Teh hijau 

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Dalam beberapa penelitian, EGCG telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang membantu memproduksi senyawa pelawan kuman di sel T Anda. 

7. Daging unggas 

Saat mengalami flu atau pilek, mengonsumsi sup ayam merupakan hal yang menenangkan. Ini bukan sekadar sugesti. 

Pada dasarnya, sup ayam memiliki fungsi anti-peradangan yang dapat meredakan gejala pilek. 

Ini karena daging unggas seperti ayam dan kalkun mengandung vitamin B-6. Jenis vitamin ini penting dalam pembentukan sel darah merah baru yang sehat. 

8. Seafood bercangkang 

Makanan laut bercangkang seperti kerang merupakan sumber seng yang baik. Beberapa jenis makanan laut bercangkang yang mengandung seng tinggi, seperti tiram, kepiting, lobster, dan kerang. 

9. Kunyit 

Kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Sebuah penelitian juga menunjukkan efek kurkumin dalam kunyit memiliki efek penguat kekebalan tubuh dan antivirus. 

10. Bawang putih 

Bawang putih dapat ditemui dalam berbagai jenis masakan di dunia. Bumbu masak ini tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga punya manfaat kesehatan. 
Kandungan tinggi senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin dalam bawang puting dapat meningkatkan kekebalan tubuh.(Resa Eka Ayu Sartika) 

Baca Juga: Jarang diketahui, ini 10 manfaat sereh sebagai obat herbal

Selanjutnya: Sederet manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Hanya Buah dan Sayur, 10 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru