Ini aktivitas publik di Jakarta yang wajib tunjukkan sertifikat vaksin Covid-19

Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ini aktivitas publik di Jakarta yang wajib tunjukkan sertifikat vaksin Covid-19

ILUSTRASI. Suasana Warteg Warmo di kawasan Tebet, Jakarta Selatan yang mulai melayani makan di tempat, Senin (26/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerbitkan aturan yang mewajibkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat aktivitas. TRIBUNNEWS/HERUDIN.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerbitkan aturan yang mewajibkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat aktivitas publik di sektor usaha di bawah naungan Dinas Pariwisata. 

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 pada Sektor Usaha Pariwisata. 

Salah satu aktivitas publik yang membutuhkan sertifikat vaksin Covid-19 adalah makan di restoran atau warteg. Berikut daftar aktivitas publik yang mewajibkan memiliki sertifikat vaksin Covid-19: 

  • Karyawan dan pengunjung hotel dan guest house 
  • Karyawan dan pengunjung di restoran, rumah makan, warteg, atau kafe yang sudah diizinkan untuk beroperasi selama PPKM Level 4 
  • Karyawan dan pengunjung salon dan barbershop (tukang pangkas rambut) yang usahanya berada pada lokasi tersendiri 
  • Keluarga, tamu undangan, dan petugas dalam pelaksanaan akad nikah di hotel dan gedung pertemuan 
  • Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh, seperti pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api. 

Baca Juga: UPDATE corona di Jakarta Selasa (3/8), positif 1.601, sembuh 2.506, meninggal 70

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, sertifikat vaksinasi Covid-19 akan menjadi salah satu syarat pelonggaran berbagai aktivitas publik di Ibu Kota. 

Keputusan tersebut diambil berdasarkan data efek vaksinasi terhadap tingkat keparahan dan risiko kematian akibat Covid-19 di Jakarta. 

Anies memaparkan, dari 4,2 juta warga ber-KTP DKI yang telah menerima vaksinasi Covid-19 minimum dosis pertama, hanya 2,3% yang terinfeksi Covid-19. Mereka juga hanya merasakan gejala ringan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Aktivitas Publik di Jakarta yang Wajib Menunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19"

Penulis: Rindi Nuris Velarosdela
Editor: Rindi Nuris Velarosdela

Selanjutnya: DKI Jakarta masih PPKM Level 4, pusat perbelanjaan masih ditutup

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru