Ini penyebab banjir Jakarta menurut BMKG

Sabtu, 08 Februari 2020 | 23:23 WIB Sumber: Kompas.com
Ini penyebab banjir Jakarta menurut BMKG

ILUSTRASI. Sejumlah anak bermain saat banjir menutup terowongan di jalan Kota Baru Bandar Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Banjir di beberapa wilayah Jakarta pada Sabtu (8/2) karena dua faktor.


BANJIR - JAKARTA. Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo menduga, terjadinya banjir di beberapa wilayah Jakarta pada Sabtu (8/2) karena dua faktor, yaitu curah hujan di DKI yang tinggi dan curah hujan di Bogor yang juga tinggi. BMKG mencatat, 15 titik wilayah di DKI Jakarta yang memiliki curah hujan di atas 100 mm pada Jumat (7/2) malam hingga Sabtu pagi.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal mengatakan, secara historis puncak musim hujan di Indonesia jatuh pada bulan Februari. Puncak hujan tercatat juga terjadi di bulan-bulan setelah Februari, tetapi dengan persentase yang lebih kecil yaitu 17% terjadi di bulan Maret dan 12% terjadi di bulan April.

Baca Juga: BNPB: 23 Kecamatan DKI terdampak banjir, paling banyak di Jakarta Timur

Herizal mengatakan, secara umum di Indonesia pada bulan April mulai memasuki musim kemarau. Pada bulan-bulan tersebut diperkirakan akan banyak terjadi hujan lebat sesaat, angin kencang sesaat, maupun angin puting beliung yang lazim muncul saat masa transisi pergantian musim.

Namun, pada bulan Februari sudah ada beberapa wilayah yang memasuki musim kemarau karena telah mengalami penurunan curah hujan yaitu Aceh bagian timur, Sumatra Utara bagian timur, dan Riau bagian timur. Di Jakarta, menurut Prabowo, curah hujan mulai turun.

Baca Juga: Banjir tiga meter tenggelamkan rumah di Cawang, bayi dan lansia dievakuasi

Namun, warga harus tetap waspada akan kemungkinan banjir karena curah hujan di wilayah hulu yang diprakirakan masih tinggi. "Meskipun curah hujan di DKI Jakarta trennya mulai menurun, namun di wilayah hulunya di Jawa Barat curah hujan masih cukup tinggi, oleh karena itu harus tetap meningkatkan kewaspadaan banjir," kata dia. (Icha Rastika)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Menurut BMKG, Ini Penyebab Jakarta Banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru