Ini perumahan luar DKI yang dilayani JR Connexion

Jumat, 10 Februari 2017 | 18:11 WIB Sumber: Kompas.com
Ini perumahan luar DKI yang dilayani JR Connexion


JAKARTA. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai uji coba layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion Jumat (10/2). Rencananya, bus JR Connexion beroperasi mulai 14 Februari 2017.

JR Connexion adalah bus khusus warga perumahan di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang. Bus JR Connexion akan berangkat langsung dari dalam lokasi perumahan dan tidak akan ada titik-titik pemberhentian di sepanjang perjalanan. Bus hanya akan berhenti di pusat kota, di antaranya di FX Senayan, Blok M, dan Sudirman.

Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga mengatakan, pemilihan lokasi perumahan mengacu survei yang dilakukan BPTJ. Menurut Elly, perumahan yang disurvei adalah perumahan dengan jumlah warga yang dinilai besar.

"Misalnya perumahan luas 12.000 hektar, itu berapa banyak populasinya?" kata Elly di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Menurut Elly, pangsa pasar JR Connexion adalah warga menengah ke atas yang selalu menggunakan mobil pribadi. Bus JR Connexion akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti koneksi internet, sabuk pengaman di setiap bangku, serta dirancang untuk memungkinkan penumpang membuka laptop.

Elly menyatakan, di dalam bus tidak akan disediakan pegangan untuk penumpang berdiri karena semua penumpang harus duduk. Kapasitas bus berjumlah 30 kursi.

Adapun tarif yang akan dikenakan Rp 20.000-Rp 25.000 untuk sekali perjalanan. Elly mengatakan, tarif dan fasilitas yang disediakan sudah mempertimbangkan masukan dari calon penumpang. "Dengan tarif dan fasilitas itu, dari hasil survei, 80% (warga perumahan) mengatakan mau naik angkutan permukiman," ucap Elly.

Berikut daftar perumahan yang akan dilayani bus JR Connexion:

  • Bekasi: Lippo Cikarang, Grand Wisata, Perumahan Galaxy, Summarecon Bekasi.
  • Bogor: Citra Indah Jonggol, Bellanova, Botani Square.
  • Cibubur: Citra Grand Cibubur, Kota Wisata, Legenda Wisata, Puri Sriwedari, Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, dan Kenari Nusantara.
  • Depok: Pesona Khayangan.
  • Serpong: BSD City, Bintaro Jaya.
  • Tangerang: Lippo Village Karawaci, Citra Raya.

(Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru