JR Connexion, bus mewah bagi warga pinggiran DKI

Jumat, 10 Februari 2017 | 17:39 WIB Sumber: Kompas.com
JR Connexion, bus mewah bagi warga pinggiran DKI


BEKASI. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menguji coba pengoperasian layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion, Jumat (10/2/2017). Uji coba mengambil rute pemberangkatan dari perumahan Lippo Cikarang di Bekasi ke Jakarta.

JR Connexion adalah layanan bus yang nantinya akan melayani rute dari perumahan-perumahan di wilayah sekitar Jakarta menuju pusat kota Jakarta. Bus yang rencananya akan beroperasi mulai 14 Februari 2017 ini diharapkan membuat warga mau beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum.

BPTJ menyatakan JR Connexion adalah layanan bus eksekutif yang menyasar warga menengah ke atas, khususnya pengguna mobil pribadi. Fasilitas dalam pada bus ini dijanjikan akan berbeda dengan angkutan umum lainnya.

Pada uji coba di rute Lippo Cikarang-Jakarta, bus JR Connexion yang digunakan adalah bus ber-AC dengan kapasitas 50 kursi yang dilengkapi sabuk pengaman.

Sandaran pada kursi mencapai bagian kepala dan dapat disesuaikan apabila penumpang ingin sedikit merebahkan kursinya ke belakang.

Jarak antara kursi yang satu dengan yang ada di depannya juga cukup lega. Dalam posisi tubuh setengah rebah, lutut penumpang tidak akan menyentuh kursi yang ada di depannya.

Tersedia juga bagasi di atas kursi dan bagasi yang lebih luas untuk penumpang menyimpan barang. Bus tersebut juga dilengkapi wi-fi untuk memudahkan penumpang mengakses internet di sepanjang perjalanan. Selain itu, tersedia pula layar di bagian tengah depan sebagai fasilitas hiburan bagi penumpang.

Tarif bus JR Connexion untuk pemberangkatan dari Lippo Cikarang ke Jakarta adalah sebesar Rp 20.000. Bus berangkat dari shelter yang berlokasi di depan Citywalk Lippo Cikarang.

Shelter tersebut dilengkapi ruang tunggu khusus yang dilengkapi alat pengatur suhu dan terminal listrik untuk pengisian baterai ponsel.

Mengenai rute, bus JR Connexion dari Lippo Cikarang melayani tujuan Blok M. Bus melintasi jalan tol Cikampek dan jalan tol dalam kota untuk kemudian keluar di pintu tol Semanggi.

Saat uji coba, waktu tempuh bus dari Lippo Cikarang sampai ke jalan tol dalam kota di kawasan Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, adalah sekitar 60 menit. Berangkat pukul 13.00, bus tampak melintas di Jalan MT Haryono sekitar pukul 14.00.

Bus JR Connexion untuk pemberangkatan dari Lippo Cikarang dilayani oleh bus-bus milik perusahaan otobus Alfa Omega Sehati Mitra (AO Transport). Untuk tahap awal, bus yang disediakan berjumlah 7 unit, yang mana 6 unit untuk dioperasikan dan 1 unit untuk cadangan.

Bus beroperasi dari pukul 05.00-21.15 dan dijanjikan akan selalu tersedia di halte untuk pemberangkatan setiap satu jam sekali.

Khusus Sabtu dan Minggu, bus baru akan mulai beroperasi pukul 06.30. Selain Lippo Cikarang, JR Connexion juga akan melayani pemberangkatan dari perumahan-perumahan lain tidak hanya yang ada di Bekasi, tapi juga di Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang.

Untuk tahap awal, jumlah keseluruhan bus yang akan disediakan mencapai 150 unit bus.

(Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru