Ini pesan Sri Sultan HB X kepada Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga

Selasa, 21 Mei 2019 | 16:17 WIB Sumber: Kompas.com
Ini pesan Sri Sultan HB X  kepada Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga


PEMILU 2019 - YOGYAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan proses rekapitulasi Pemilu 2019. Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap para pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana guna menjaga persatuan bangsa.

"Syukur Alhamdulilah, pada hari ini KPU telah selesai merampungkan proses rekapitulasi suara pemilu serentak 2019," ujar Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kantor Kepatihan, Selasa (21/05).

Sri Sultan menuturkan, setelah selesai proses rekapitulasi, saatnya bangsa mendengarkan pengumuman hasil sesuai tahapan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu nomor 7 Tahun 2017. Diharapkan, agar semua pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya dengan penuh lapang dada demi menjaga persatuan bangsa.

Sri Sultan juga menyampaikan ucapan selamat untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. "Teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakannya dengan "tepo seliro" , jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang," tegasnya.

Bagi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, lanjutnya, diharapkan tetap mengedepankan sikap ksatria. Jika masih dirasa ada keberatan, hendaknya ditempuh melalui jalur hukum dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan.

"Harapan lanjut agar tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan karena hal ini akan menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita," tandasnya.

Sri Sultan berharap bagi masyarakat DIY hendaknya mengeratkan kembali kohesi sosial membangun kebersamaan dengan semangat Jogja Istimewa. Selain itu senantiasa menjalin kerukunan dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah pemilu lalu.

"Menjaga ketenangan dan ketertiban masyarakat, untuk mengembalikan harmoni hubungan dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa," ungkapnya. (Wijaya Kusuma)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Pesan Sultan HB X untuk Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru