Ini titah Jokowi demi kemajuan Kalimantan Utara

Selasa, 21 Maret 2017 | 17:50 WIB   Reporter: Agus Triyono
Ini titah Jokowi demi kemajuan Kalimantan Utara


JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Daerah Kalimantan Utara untuk menata sektor ekonomi unggulan. Jokowi mengatakan, saat ini Kalimantan Utara memiliki dua potensi ekonomi unggulan.

Pertama, pertambangan yang menopang 24,65% ekonomi wilayah tersebut. Kedua, pertanian yang menopang 18,09% ekonomi Kalimantan Utara.

"Di tengah lesunya harga komoditas hasil tambang dan sektor pertanian, ternyata, itu jadi sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi di sana dibanding sektor konstruksi dan perdagangan," katanya dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Prioritas dan Proyek Prioritas Nasional Kalimantan Utara di kantornya, Selasa (21/3).

Jokowi meminta, pelemahan harga komoditas tambang dan pertanian yang ternyata bisa memberi topangan besar ke ekonomi Kalimantan Utara tersebut dimanfaatkan dengan baik. Dia minta agar pelemahan itu dimanfaatkan untuk membenahi kedua sektor tersebut.

Salah satu pembenahan yang dia minta, dilakukan dengan mengembangkan industri pengolahan tambang dan produk pertanian agar bisa memberikan nilai tambah bagi ekonomi daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru