Jakarnaval digelar hari ini, begini rekayasa lalu lintas di sekitar Monas

Minggu, 08 Juli 2018 | 09:09 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarnaval digelar hari ini, begini rekayasa lalu lintas di sekitar Monas

ILUSTRASI. Jakarnaval 2017


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarta Karnaval (Jakarnaval) Minggu (8/7). 

Jakarnaval akan berlangsung pukul pukul 09.00-22.00 di Balai Kota hingga kawasan Monas, Jakarta Pusat. Jakarnaval ini digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Jakarta yang ke-491.

Akan ada pawai berjalan dan pawai kendaraan hias di Jakarnaval. Pawai berjalan akan dimulai dari depan Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan dan finis di pintu Monas silang barat laut.

Sedangkan pawai kendaraan hias dimulai dari depan Balai Kota ke Jalan Medan Merdeka Barat, lalu ke arah Harmoni/Juanda dan berakhir di pintu Monas silang barat laut.  

Dengan adanya pawai tersebut, rekayasa lalu lintas diberlakukan selama acara Jakarnaval 2018. Pengalihan ini dilakukan guna mencegah kemacetan serta agar masyarakat tahu jalan mana saja yang tidak dapat dilewati selama acara berlangsung. 

"Kami buat rencana alih arus lalu lintas ini agar masyarakat dapat mengetahui jalan mana saja yang tidak dapat dilewati,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono, Sabtu (7/7). 

Berikut adalah rencana pengalihan arus lalu lintas saat Jakarnaval: 

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit akan dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto. 

2. Arus lalu lintas dari Jalan Juanda menuju Jalan Veteran III dialihkan ke Jl Pos atau TL Harmoni. 

3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju ke Jalan Perwira. 

4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Fachrudin.

5. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Selatan atau Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan. 

6. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan ke Jalan Kebon Sirih. 

7. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Kebon Sirih dialihkan ke Jalan KH Wahid Hasyim. 

8. Arus lalu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan di luruskan ke Jalan Merdeka Timur. 

9. Arus lalu lintas dari Cikini Raya menuju M Ridwan Rais dialihkan ke Jalan Kwitang Raya atau arus lalu lintas yang datang dari arah jalan Kwitang Raya diputar balikkan kembali ke Jalan Kwitang Raya serta yang dari  Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Kwitang Raya. 

Sejumlah artis ibu kota juga akan meramaikan jalannya acara Jakarnaval 2018 ini. Artis-artis yang terdiri dari DJ Dipha Barus, Saykoji, The Dance Company, Siti Badriah, Budi Doremi, dan Rizky Febian akan beraksi di panggung hiburan di Monas mulai dari Pukul 12:30. 

"Jadi di Monas itu pukul 12.30 sudah ada acara di panggung hiburan di dalam Monas, itu sampai malam ada. Kemudian kami ada karnaval," ujar Sutradara Jakarnaval 2018 Rama Soeprapto di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (4/7). (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Jakarnaval Hari Ini, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Monas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru