Jakarta Tetap Diminta Siaga Banjir Meski Tinggi Muka Air Katulampa Turun

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:13 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta Tetap Diminta Siaga Banjir Meski Tinggi Muka Air Katulampa Turun

ILUSTRASI. Senin (15/8) pagi, kondisi Bendung Katulampa berstatus normal setelah naik pada Minggu malam.


KONTAN.CO.ID - BOGOR. Ketinggian muka air Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, berangsur turun. Senin (15/8) pagi, kondisi bendungan yang dibuat sebagai bagian dari sistem peringatan dini banjir Jakarta itu berstatus normal.

Berdasarkan laporan pos pemantauan pada pukul 08.30 WIB, tinggi muka air berada di angka 36 sentimeter. Sementara itu, laporan Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta merilis, Pintu Air Manggarai berstatus siaga tiga dengan tinggi muka air mencapai 772 sentimeter.

Tinggi air di Bendung Katulampa Bogor sempat mengalami kenaikan mencapai 180 sentimeter atau berstatus siaga dua banjir Jakarta pada Minggu malam. Kenaikan air dipicu karena tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan Bogor sejak sore.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Cuaca Hari Ini Hujan Lebat, Waspada Bencana di Banyak Daerah

Petugas Jaga Bendung Katulampa Jaenudin pun mengimbau dan mengingatkan masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung, untuk mewaspadai dan berhati-hati terhadap potensi banjir.

"Saat ini di Bogor kondisi cuaca masih diguyur hujan. Masyarakat tetap harus waspada atas kemungkinan adanya bahaya banjir terutama di daerah yang dilintasi Sungai Ciliwung," sebut Jaenudin, kemarin.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dikutip dari laman bmkg.go.id, memprakirakan wilayah Bogor akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin (15/8).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Masyarakat Jakarta Tetap Diminta Siaga Banjir meski Tinggi Muka Air di Bendung Katulampa Turun.
Penulis: Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor: Ivany Atina Arbi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru