Jangan pulang ke Jakarta hari Minggu besok, ini alasannya...

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 11:36 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan pulang ke Jakarta hari Minggu besok, ini alasannya...

ILUSTRASI. Ilustrasi jalanan macet. ANTARA FOTO/Rifki N/app/pras.


IDUL ADHA - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk memprediksi, puncak arus balik Idul Adha akan terjadi pada Minggu (2/8/2020). Hal itu diungkapkan oleh Operation Management & Maintenance Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Pratomo Bimawan Putra. Pratomo menyarankan agar masyarakat mengatur perjalanan dan menghindari kepadatan saat kembali ke Jakarta. 

"Kami mengimbau agar para pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada hari Minggu agar terhindari dari kepadatan," kata Pratomo melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (31/7/2020). 

Baca Juga: Waspada macet, puncak arus balik Idul Adha diramal terjadi besok

Dia menjelaskan, dari total kendaraan yang akan kembali ke Jakarta, mayoritas berasal dari arah timur atau dari Jalan Tol Trans-Jawa. Menurutnya, apabila lalu lintas terkonsentrasi hanya dalam satu hari, maka ada potensi terjadinya kepadatan tinggi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Layang Jakarta-Cikampek. 

"Karena jalan tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah timur menuju wilayah Jabodetabek," kata dia. 

Adapun titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah pertemuan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek lI Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di KM 48, serta di titik-titik jelang rest area. 

Baca Juga: Ada pelonggaran PSBB, pendapatan tol Jasa Marga (JSMR) mulai membaik sejak Juni 2020

Selain itu, Pratomo mengimbau agar pengusaha angkutan barang atau logistik dapat menunda kegiatan hingga periode empat harii libur panjang Idul Adha. Sebab, pada H-1 Idul Adha, Jasa Marga memantau banyak kendaraan besar yang mengalami gangguan di luar lajur. Hal ini mengakibatkan kepadatan panjang. 

Guna mengantisipasi kepadatan, Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti coontrafloe dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. "Kami mohon kerja sama pengguna jalan sekali lagi, untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan di hari Minggu," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Pulang ke Jakarta Hari Minggu, Puncaknya Arus Balik"
Penulis : Rosiana Haryanti
Editor : Hilda B Alexander

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru