Waspada macet, puncak arus balik Idul Adha diramal terjadi besok

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 07:03 WIB Sumber: Kompas.com
Waspada macet, puncak arus balik Idul Adha diramal terjadi besok

ILUSTRASI. Jasa Marga memprediksi, puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta akan terjadi pada hari Minggu (2/8/2020). . ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.


IDUL ADHA - JAKARTA. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan, perhatikan informasi dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk berikut. Jasa Marga memprediksi, puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang menuju Jakarta akan terjadi pada hari Minggu (2/8/2020). 

Untuk menghindari kepadatan pada hari tersebut, Operation Management dan Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengimbau pengguna jalan agar menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta. 

Baca Juga: Ini alasan Anies perpanjang lagi PSBB transisi DKI Jakarta hingga 13 Agustus

"Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada hari Minggu agar terhindar dari kepadatan," sarannya melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/8/2020). 

Bima menjelaskan, dari total kendaraan yang akan kembali ke Jakarta tersebut, mayoritas berasal dari arah Timur atau berasal dari Jalan Tol Trans Jawa. “Hampir setengahnya, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari arah Timur. Jika saat kembali ke Jakarta pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, potensi terjadinya kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi," ujarnya. 

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, Transjakarta beroperasi mulai pukul 09.00 WIB

Menurutnya, jalan tol Japek tersebut merupakan akses utama untuk pengendara dari arah Timur menuju wilayah Jabotabek. Selain itu, Bima juga mengimbau pengusaha angkutan barang/logistik agar dapat menunda kegiatan hingga periode empat hari libur Hari Raya Idul Adha 1441 H usai. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru