Jerry Sambuaga dorong generasi Z mempunyai literasi digital agar lebih kompetitif

Jumat, 04 September 2020 | 15:28 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Jerry Sambuaga dorong generasi Z mempunyai literasi digital agar lebih kompetitif

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendapat kehormatan menjadi pembicara Webinar pemuda-pemudi Nusa Dua pada Rabu (3/9) kemarin. Dalam kesempatan itu, Jerry mengatakan, bahwa generai Z saat ini memainkan peran penting bagi pembangunan Sulawesi Utara.

Hadir juga di acara tersebut Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Ketua DPRD Sulawesi Utara Andrei Angow serta ketua Pemuda Nusa Utara Dr. Hendrik Monossoh.

Menurut Jerry, saat ini usia muda sudah tidak lagi menghalangi seseorang untuk berkiprah di semua bidang. Berkat kemajuan teknologi siapa saja bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat. Oleh karena itu, Wamendag mengharapkan Pemuda Nusa Utara mengasah diri dan memberikan kontribusi terbaik bagi Sulawesi Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Jerry juga memanfaatkan kesempatan itu untuk memberikan motivasi agar Genenerasi Z Nusa Utara mempunyai literasi digital sehingga bisa memanfaatkannya untuk menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Anggota komisi VI DPR apresiasi penyelesaian perjanjian dagang internasional

“Revolusi Industri 4.0 adalah kenyataan saat ini. Jangan sampai kita ketinggalan zaman. Apalagi Gen. Z kan native secara teknologi digital. Jadi punya literasi digital adalah kepastian.” Kata Wamen Millenial itu, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (4/9).

Menurut Wamendag, yang disebut sebagai literasi digital bukan hanya punya kemampuan mencerna berita atau informasi yang tersaji secara digital, tetapi lebih jauh memahami dan menguasai teknologi digital itu sendiri.

Baginya, banyak aspek dari teknologi digital dan penerapannya yang seharusnya menjadi kemampuan wajib generasi Z. Dan semua harus diarahkan dalam peningkatan kapasitas pribadi maupun masyarakat agar memberikan manfaat yang nyata.

“Teknologi digital ini telah memberikan kemudahan di segala bidang. Tetapi tentu saja kita harus menyikapinya dengan bijak. Jangan hanya sebagai konsumen terus. Kita justru harus menggunakannya untuk meningkatkan produktifitas dan competitiveness.” Imbuh Jerry.

Baca Juga: Wamendag apresiasi peran polri, pelaku usaha dan petani atas stabilitas pangan

Jerry menekankan bahwa Revolusi Industri 4.0 telah mengubah lanskap ekonomi, politik dan sosial masyarakat. Ini mengakibatkan perubahan-perubahan pula dalam ketersediaan lapangan pekerjaan dan cara-cara orang berbisnis. Bahkan di tingkat pemerintahan, pola-pola e-government akan makin menjadi arus utama.

Wamendag mengingatkan bahwa dalam Revolusi Industri 4.0 ada integrasi yang luar biasa dari teknologi ke dalam kehidupan masyarakat. Kalau pada Revolusi Industri Pertama hingga ketiga manusia menguasai teknologi. Ke depan, interaksi manusia dengan teknologi ini sudah makin sulit dipisahkan.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru